Pemkab Sumedang Tambah Anggaran Rp 2 M untuk Pilkades Serentak

Muhamad Rizal - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 18:44 WIB
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir
Foto: Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (Muhammad Rizal/detikcom).
Sumedang -

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meyakini pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2020 dapat berjalan dengan aman dan damai. Sosialisasi protokol kesehatan dan deklarasi damai terus disampaikan kepada seluruh calon kepala desa di Kabupaten Sumedang.

Untuk diketahui, Pilkades Serentak akan digelar di 26 kecamatan yang terdiri dari 88 desa se-Kabupaten Sumedang. Rencananya pelaksanaan Pilkades digelar pada 16 Desember 2020 mendatang.

Dihadapan para Calkades, Dony menekankan, adaptasi kebiasaan baru (AKB) tetap harus jadi pedoman saat menjalankan tahapan Pilkades Serentak. Dirinya menegaskan pedoman AKB harus efektif agar pelaksanaan Pilkades di tengah pandemi COVID-19 tidak berdampak negatif.

"Arahkan AKB dengan efektif. Jangan sampai ada kluster baru pada pelaksanaan Pilkades serentak nanti. Terutama 3 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan) mohon dipatuhi," kata Dony saat ditemui di Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Kamis (26/11/2020).

Di masa pandemi COVID-19 ini, Dony meminta kepada seluruh calon untuk menjadi teladan dalam menjalankan protokol kesehatan, dari mulai masa kampanye dan tahapan selanjutnya pemilihan nanti.

Pada kesempatan itu juga, Dony menyampaikan sejumlah pesan, agar para calon kepala desa bisa menyatakan siap menang dan siap kalah.

"Yang menang harus bisa mengakomodir pokok pikiran semua calon kades yang kalah. Satukan visi-misi semua calon oleh kades yang terpilih dan ketika beres pemilihan harus kompak, bagi yang menang jangan besar hati bagi yang belum menang harus menerima dan menenangkan pendukungnya," katanya.

Dony menegaskan, bahwa di Kabupaten Sumedang tidak pernah terjadi pertikaian pada pelaksanaan demokrasi baik itu pemilihan bupati, gubernur dan kepala desa.

"Kami harapkan saat pemilihannya nanti semoga bisa berjalan dengan damai, lancar dan terhindar dari berita berita bohong (hoaks), politik dan perjudian," ucapnya.