Bima Arya Minta Sekolah Punya Ruang Isolasi Saat Gelar KBM Tatap Muka

M Solihin - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 16:00 WIB
Bima Arya meminta pihak sekolah siapkan ruang isolasi sebelum gelar tatap muka
Bima Arya meminta pihak sekolah siapkan ruang isolasi sebelum gelar tatap muka (Foto: M Solihin)
Bogor -

Wali Kota Bogor Bima Arya Mengunjungi SMA Negeri 1 Kota Bogor untuk mengecek kesiapan pihak sekolah untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka. Kepada pihak sekolah, Bima meminta untuk menyiapkan ruang untuk isolasi sebagai antisipasi adanya siswa terindikasi COVID-19 jika pembelajaran tatap muka dilaksanakan.

"Kalau dari Pak Kepala Sekolah, Pak Bambang, tadi sampaikan bahwa komite sekolah memberikan signal setuju untuk tatap muka. Tetapi nanti keputusan resminya akan kami tunggu, melalui surat kesiapannya, kan gitu," kata Bima Arya ditemui di SMA Negeri 1 Kota Bogor, Jalan Ir. Juanda, Kota Bogor, Kamis (26/11/2020).

"Tapi secara informal bahwa SMA 1 kemungkinan besar siap untuk tatap muka, tinggal sekarang daftar periksanya saja, daftar periksanya harus dipenuhi. Tetapi intinya kalau dari kesiapan, SMAN 1 itu siap untuk melaksanakan tatap muka," sambungnya.

Kepada pihak SMA Negeri 1 Kota Bogor, Bima meminta pihak sekolah untuk menyiapkan ruang isolasi untuk mengantisipasi adanya siswa yang terindikasi COVID-19.

"Harus ada tempat isolasi. Jadi kalau ada anak tiba-tiba panas, ini tidak boleh di kelas, sementara kalau belum ada yang jemput ya di tempat isolasi dulu. Kemudian yang kedua, ruang kelasnya juga sebaiknya tidak pakai AC, ventilasinya dibuka, gitu yah, kemudian ada hal-hal lainnya," beber Bima.

Aturan ini, lanjut Bima, berlaku untuk semua sekolah di Kota Bogor yang ingin menggelar pembelajaran tatap muka. Jika pihak sekolah merasa siap melaksanakan aturan protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh Satgas COVID-19 Kota Bogor, maka pihak sekolah diminta mengajukan surat ke Satgas COVID-19 Bogor untuk dipertimbangkan.

Namun demikian, lanjut Bima, pelaksanaan sekolah dengan sistem tatap muka akan disesuaikan dengan situasi COVID-19 khususnya di Kota Bogor.

"Tetapi tentunya semuanya tergantung 1 hal, kalau Bulan Januari situasi Covidnya tidak terkendali, bisa saja (sekolah tatap muka) kita batalkan. Kita lihat situasi di bulan januari nanti," tegas Bima.

SMA Negeri 1 Kota Bogor merupakan sekolah yang berjarak sekitar 300 meter dari Balaikota Bogor di Jalan Juanda, Kota Bogor. Di sekolah ini, Bima Arya menyelesaikan pendidikan SMA-nya. Selain untuk mengecek kesiapan SMA Negeri 1 Kota Bogor untuk pelaksanaan sekolah tatap muka, Bima Arya juga bersilaturahmi dengan guru-guru semasa SMA-nya untuk memperingati Hari Guru.

"Jadi hari ini silaturahmi sebagai murid bersama teman-teman satu angkatan, ada Pak Dadang, teman sekelas dan beberapa teman yang lain. Hari Guru, mengingat guru, kembali ke sekolah, menyapa guru dan mendoakan guru. Masih banyak juga guru yang mengajar sampai hari ini, ada Bu Yeti, Pak yusuf dan lain-lain. Kita doakan semoga semuanya tetap sehat," ungkap Bima.

(mud/mud)