Walkot Serang Minta Peserta Apel Penyambutan HRS Membubarkan Diri

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 20:42 WIB
Wali Kota Serang Syafrudin.
Foto: Wali Kota Serang Syafrudin (Istimewa).
Serang - Sejumlah orang yang mengatasnamakan Forum Umat Islam Banten (FUIB) dan dihadiri FPI menggelar apel di lapangan Masjid Ats-Tsauroh, Kota Serang. Khwatir menimbulkan kerumunan di tengah pandemi COVID-19, Wali Kota Serang Syafrudin meminta peserta apel untuk membubarkan diri.

Apel akbar yang digelar disebut-sebut sebagai ucapan selamat datang kepada Habib Rizieq Shihab ke Indonesia. Ini sebagaimana dari selebaran yang diterima wartawan secara online.

Massa sendiri berdatangan ke sekitar pusat Kota Serang sejak, Rabu (25/11/2020) pukul 11.00 WIB. Massa berkumpul setelah salat dzuhur dilanjutkan dengan apel di halaman masjid.

"Setelah deklarasi ini, bapak-bapak, ibu-ibu, semuanya, untuk bisa membubarkan diri. Karena kami ingin semuanya warga Kota Serang ini sehat semuanya, bapak-bapak, ibu-ibu sehat semuanya, jangan sampai penyebaran COVID-19 hari ini merajalela dengan terjadinya kerumunan," kata Syafrudin, Rabu (25/11/2020).

Di hadapan massa, ia juga menyatakan terima kasih kepada massa karena selama apel menjaga jarak dan menggunakan masker. "Saya selaku Walikota Serang dan ketua gugus tugas Kota Serang, mengucapkan terima kasih dan semoga kita semua dalam kondisi sehat semuanya," ucapnya.

Saat apel siaga, personel Polri dan TNI melakukan penjagaan di lokasi. Ada sekitar ratusan personel yang melakukan penjagaan. Massa baru membubarkan diri sekitar pukul 16.00 WIB.

(bri/mso)