432 Perawat di Jabar Terpapar Corona Selama Pandemi

Siti Fatimah - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 13:35 WIB
Ilustrasi Dokter
Ilustrasi perawat (Ilustrator: Edi Wahyono)

Dari total 432 yang positif itu, Wawan mengungkapkan, 80 persen di antaranya sudah sembuh dan bekerja kembali. Sedangkan lainnya masih menjalani perawatan. Berdasarkan kondisi di lapangan, menurut Wawan, perawat yang rata-rata terpapar COVID-19 ini bukan menangani langsung pasien positif, melainkan yang melayani pasien umum.

"Kemungkinannya hanya ada dua, karena pasien yang tidak terus terang atau pencegahan dari perawatnya (proteksi diri)," ujar Wawan.

Dia mengatakan selama masa isolasi mandiri perawat mendapatkan asupan vitamin yang cukup. Hanya saja, Wawan menjelaskan, yang perlu diyakini masyarakat adalah keamanan atas diri sendiri dan orang lain sangat penting.

"Bayangkan saja perawat harus berjaga selama 24 jam penuh, esoknya kembali ke keluarga dan mengurusi keluarganya baik anak, istri, atau suami. Jadi ini yang perlu diketahui juga oleh masyarakat sehingga timbul rasa bahwa kita harus bahu membahu dalam menyelesaikan pandemi dengan disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak)," tutur Wawan.

Halaman

(bbn/bbn)