432 Perawat di Jabar Terpapar Corona Selama Pandemi

Siti Fatimah - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 13:35 WIB
Ilustrasi Dokter
Ilustrasi perawat (Ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Barat mencatat ada sebanyak 432 perawat positif terpapar COVID-19. Lonjakan angkanya terjadi saat memasuki November 2020 dengan penambahan kasus sebanyak 60 orang.

"Perlu saya sampaikan bahwa bulan Maret-Oktober 2020 perawat yang terkonfirmasi positif itu ada sekitar 372 orang. Jumlah sampai hari ini itu diperkirakan yang positif hampir sekitar 432 orang," kata Ketua PPNI Jabar Wawan Hernawan saat dihubungi detikcom, Selasa (24/11/2020).

Setelah dinyatakan positif, kemudian perawat tersebut melakukan isolasi mandiri di daerahnya masing-masing. Kebanyakan dari perawat, kata dia, lebih memilih isolasi mandiri di rumah ketimbang di rumah sakit mengingat kapasitas dan ruang komunikasi dengan keluarga akan berkurang.

"Kalau rumah sakit mungkin mereka juga menyediakan ruangan khusus. Setelah 14 hari dirawat di rumah sakit kemudian pulang 14 hari baru di tes swab lagi, baru kemudian bekerja. Kalo untuk yang di Bandung ada di hotel, daerah Cimahi (BPSDM) itu mungkin saja RS-nya tidak bisa menampung teman-teman perawat terkonfirmasi positif COVID-19," ujarnya.

"Sampai hari ini yang dirawat mungkin sekitar 20 persen itu pun tidak semua kabupaten kota di rawat di rumah sakit. Mereka kadang-kadang enak di rumah minimal ada komunikasi dengan keluarga. Kalo di RS itu 14 hari betul-betul harus isolasi," kata Wawan menambahkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2