Jelang Pilkada, Ridwan Kamil Ingatkan TNI-Polri Jaga Netralitas

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 10:02 WIB
Apel gabungan TNI-Polisi jelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Jabar.
Foto: Apel gabungan TNI-Polisi jelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Jabar (Dony Indra Ramadha/detikcom).
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta aparat penegak hukum TNI-Polri netral saat pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Jawa Barat. Ridwan Kamil turut mengingatkan sumpah prajurit terkait netralitas.

Ada delapan kabupaten kota di Jabar yang menggelar Pilkada Serentak. Sebanyak tujuh daerah di antaranya masuk wilayah Polda Jabar dan Kodam III Siliwangi. Sedangkan satu daerah di Jabar yakni Kota Depok, masuk wilayah hukum Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya.

"Jaga netralitas di tujuh wilayah Polda Jabar dan Kodam III Siliwangi. Saya tidak mau mendengar ada aparat TNI dan Polri melakukan politik praktis, itu melanggar sumpah dan netralitas aparat TNI Polri," ucap pria yang akrab disapa Kang Emil di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Selasa (24/11/2020).

Kang Emil mengingatkan pesan itu saat menjadi inspektur apel di Mapolda Jabar. Apel diikuti oleh personel Polda Jabar dan prajurit Kodam III Siliwangi.

Kang Emil meyakini pelaksanaan Pilkada di Jabar akan berlangsung aman. Hal ini berkaca pada pelaksanaan pemilu beberapa kali di Jabar.

Menurut dia, untuk mengamankan jalannya pilkada, ribuan personel baik dari Pemprov Jabar maupun Polri-TNI dikerahkan.

"Insya Allah kalau track record Pilkada di Jabar belum pernah ada keributan sedikit pun bahkan di level pilpres yang sangat besar Pilgub juga kondusifitasnya sangat luar biasa, saya kira pasukan TNI Polri di Jabar sudah terlatih dan itu yang kita harapkan," kata dia.

Simak juga video 'Jokowi Minta Mendagri-Kapolri Beri Penanganan Khusus Pilkada 2020':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)