Debat Pilkada Pandeglang

Irna Ubah Pandeglang Jadi Industri, Thoni Ingin UMKM untuk Atasi Kemiskinan

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 17:23 WIB
Debat Pilkada Pandeglang.
Foto: Debat Pilkada Pandeglang (Istimewa).
Pandeglang -

Pandeglang jadi daerah paling banyak warga termiskinnya dari seluruh daerah di Banten mencapai angka 9,74 persen. Kedua pasangan calon yang bertarung di Pilkada Pandeglang Irna Narulita-Tanto Arban dan Thoni Fatoni Mukson-Miftahul Tamami punya solusi berbeda untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Irna yang juga petahana mengatakan memang terjadi disparitas antara daerah utara dan selatan Banten. Pandeglang ada di selatan dengan kawasan pertanian. Saat menjabat, katanya ia sudah merubah dan merevisi RTRW Pandeglang menjadi kawasan industri pada akhir 2020 nanti.

"Kami berupaya merevisi kerja tata ruang, akhir Desember sudah menjadi daerah industri Pandeglang," kata Irna menjawab persoalan kemiskinan saat debat yang disiarkan secara langsung, Senin (23/11/2020).

Ia juga menyinggung soal pelayanan yang sudah mulai online. Ada mall pelayanan publik dengan 23 konter mulai dari kementerian, dinas sampai urusan STNK.

Penantangnya, Thoni mengatakan bahwa kemiskinan memang jadi persoalan di Pandeglang. Menurutnya perlu cara jitu untuk menolong warga miskin di Pandeglang.

"UMKM jadi yang paling baik, karena UMKM tidak butuh teknologi tinggi dan menyerap tenaga kerja," katanya.

Selain UMKM, program masalah ini bisa dilakukan dengan pendampingan khususnya untuk warga di bawah garis kemiskinan. Hibah untuk kelompok ini tidak harus berdasarkan proposal yang masuk.

Soal disparitas pembangunan utara selatan, ia berjanji jika di utara dibangun satu jembatan maka di Pandeglang harus dibangun puluhan. Ke depan, warga Pandeglang harus mendapatkan keadilan.

(bri/mso)