KPU Bandung Temukan 660 Surat Suara Rusak

Muhammad Iqbal - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 15:17 WIB
Petugas melakukan pelipatan surat suara Pilbup Bandung.
Foto: Petugas melakukan pelipatan surat suara Pilbup Bandung (Muhammad Iqbal/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung temukan 660 lembar surat suara dalam kondisi rusak. Meski begitu, KPU memastikan kebutuhan surat suara untuk pelaksanaan Pilbup Bandung, 9 Desember mendatang masih mencukupi.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya. Ia mengatakan, ada 2.420.699 lembar surat suara yang sudah dilipat dan siap dipakai di hari pencoblosan.

"Selama proses pelipatan (dan sortir) empat hari ada 660 lembar surat suara yang rusak," ujar Agus saat ditemui di ruangannya, Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (23/11/2020).

Agus mengatakan meski ditemukan 660 surat suara yang rusak, pihaknya tidak akan mengajukan lembar cadangan. Karena, jumlah yang ada sudah mencukupi kebutuhan.

"Tetapi yang baik itu sudah mencukupi kebutuhan, jadi kita tidak menambah permintaan ulang, karena dari yang tersortir dan berkriteria baik itu 2.418.699," kata Agus.

Selain itu, pada hari ini, petugas KPU akan mengirimkan surat suara, kotak suara, serta peralatan pendukung pemungutan serta penghitungan suara ke sejumlah gudang di tingkat kecamatan. Ada 24 gudang yang disiapkan menjadi gudang di tingkat kecamatan.

"Semua logistik yang sudah datang di KPU Pusat (Kabupaten) didistribusikan, hari ini dan besok kita distribusikan ke 21-24 gudang KPU yang ada di setiap kecamatan," kata Agus.

Rencananya, kata Agus, lembar suara tersebut akan dilakukan pengepakan dan disegel. Diprediksi, tanggal 30 November 2020, segala peralatan Pilkada sudah sampai di semua gudang dan siap dipergunakan.

"Logistik yang ada di kecamatan besok serentak dilakukan pengepakan surat suara ke dalam sampul kemudian disegel. Rencana kita masih on the track. Kita berharap tanggal 30 november logistik-logistik sudah ada di gudang KPU yang ada di kecamatan," ujarnya.

Simak juga video 'Bawaslu Temukan 105 Akun Langgar Iklan Kampanye Pilkada':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)