Kasus Bertambah, Ruang Isolasi Pasien COVID-19 di RSUD Cililin Overload

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 12:12 WIB
Ilustrasi pasien di rumah sakit
Foto: Ilustrasi (iStock).Kasus Bertambah, Ruang Isolasi Pasien COVID-19 di RSUD Cililin Overload
Bandung Barat -

Ruang isolasi untuk pasien COVID-19 di RSUD Cililin, Kabupaten Bandung Barat, sudah terisi penuh. Dari 12 bed yang disediakan, ada 15 pasien COVID-19 yang diisolasi di rumah sakit tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan KBB, Hernawan Widjajanto mengungkapkan pihaknya sudah menerima kabar tersebut. Saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit untuk mengalihkan sebagian pasien COVID-19.

"Iya betul kondisinya memang demikian. Tapi sudah kita tangani, jadi ada pemindahan pasien ke rumah sakit lain agar tidak overload lagi ruang isolasinya," ungkap Hernawan saat dihubungi, Senin (23/11/2020).

Sebagai antisipasi, pihaknya menyiapkan ruang isolasi di rumah sakit lain untuk menerima pasien COVID-19 agar tidak terjadi lagi penumpukan pasien di satu rumah sakit.

"Kita arahkan ke rumah sakit lain, seperti RSUD Lembang dan RSUD Cikalongwetan, jadi tidak bakal overload seperti di RSUD Cililin lagi," ucapnya.

Kondisi penuhnya ruang isolasi karena kasus COVID-19 di Bandung Barat terus mengalami penambahan. Saat ini kasus COVID-19 di Bandung Barat mencapai 779 kasus. Rinciannya 304 orang positif aktif, 455 orang dinyatakan sembuh, dan 20 orang meninggal dunia.

"Memang ada penambahan kasus COVID-19, kebanyakan itu dari luar daerah dan klaster keluarga. Jadi diimbau tidak bepergian dulu mencegah penularan," ujarnya.

(mso/mso)