Diduga Korsleting Listrik, Rumah di Ciamis Hangus Terbakar

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 11:34 WIB
Kebakaran rumah di Ciamis.
Foto: Kebakaran rumah di Ciamis (Istimewa).
Ciamis -

Sebuah rumah permanen milik Suherman (60) di Dusun Palasari, Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, hangus terbakar, Senin (23/11/2020) sekitar pukul 08.30 WIB. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut namum kerugian ditaksi mencapai Rp 80 juta.

Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Iman membenarkan peristiwa itu. Diduga api berasal dari korsleting listrik.

"Jadi pemiliknya sedang ke sawah, warga melihat api tiba-tiba membesar terlihat dari atas atap rumah pak Suherman," ujar Iman, saat dihubungi detikcom.

Warga yang melihat kejadian itu langsung mencoba memadamkan api dengan alat seadanya. Api berhasil dipadamkan, namun membakar habis bagian atap bangunan hingga sebagian isi rumah ludes.

"Rumah ini bangunan permanen, yang terbakar pada bagian atap dan hampir seluruh isi rumah ikut terbakar. Yang tersisa hanya tembok bangunan rumah saja. Kerugian ditaksir mencapai Rp 80 juta," ucapnya.

Warga bersama Pemerintah Desa setempat, Tagana, BPBD dan aparat lainnya kini membantu membersihkan material rumah yang terbakar. Sementara pemilik rumah serta anggota keluarganya berjumlah 5 orang untuk sementara mengungsi ke rumah kerabatnya.

Iman mengimbau kepada masyarakat untuk memeriksa jaringan listrik yang berada di atap rumah, terutama kondisinya sudah lama. Agar tidak terjadi kebakaran akibat korsleting listrik pada jaringan.

(mso/mso)