Debat Pilkada Tangsel

Ruhamaben Singgung Muhamad dan Benyamin Tak Kunjung Selesaikan Aset PDAM

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Minggu, 22 Nov 2020 21:59 WIB
Debat Pilkada Tangsel.
Foto: Debat Pilkada Tangsel (Istimewa).
Tangerang Selatan -

Sesi pertanyaan di debat Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) menyinggung soal aset PDAM yang masih dipegang Kabupaten Tangerang. Pertanyaan diajukan pasangan Siti Nur Azizah-Ruhamaben ke Muhamad yang pernah jadi Sekda dan juga sempat menyinggung Benyamin Davnie yang jadi petahana.

"Sebagai Sekda, Pak Muhamad sejauh mana permasalahan pemkot ambil alih PDAM yang dikelola Kabupaten Tangerang," kata Ruhamaben, Minggu (11/2020).

Muhammad mengatakan bahwa berdasarkan UU saat Tangsel dimekarkan, otomatis sebetulnya aset PDAM jadi milik aset Tangsel. Tapi sejauh ini belum ada eksekusi dan keberanian dari Pemkot dan perlu ada niat baik ke depan. Termasuk katanya berkomunikasi dengan bupati Tangerang atas masalah ini.

"Nggak ada masalah buat saya. Soal aset jelas dasar hukumnya. Tinggal keberanian, kalau tidak, tinggal kerja sama dengan Kabupaten Tangerang," kata Muhamad menjawab.

PDAM menurutnya ke depan harus dikembangkan jadi pemasukan daerah. Apalagi, Tangsel tidak memiliki sumber daya alam dan penghasilan yang didapat kecuali dari apa yang dikerjakan oleh Pemkot.

Atas jawaban itu Ruhamaben kemudian menyinggung bahwa ini harusnya diselesaikan segera. Apalagi, Muhamad katanya sebagai Sekda. Ia juga menyinggung Benyamin Davnie yang sebetulnya terlibat atas masalah ini.

"Hanya saja pak Muhamad dan Pak Ben (Benyamin Davnie) di sini yang terlibat langsung di pemerintahan. Sejauh mana kendala ini, ini sudah lama, kenapa belum bisa terwujud sampai sekarang, apa kendalanya, secara undang-undang ini sangat jelas hak Tangsel," tegas Ruhamaben.

Muhamad menyebut persoalan ini hanya tinggal keberanian. Ia menyebut pengelolaan aset PDAM lagi-lagi tidak ada kendala. Namun, karena aset tersebut ia sebut bernilai dan memang menguntungkan untuk pendapatan Kabupaten Tangerang.

"Mana mungkin orang mau melepaskan, memang itu profit Kabupaten Tangerang dan bisnis aset daerah," ujarnya.

Pertanyaan soal aset PDAM ini sendiri tidak bisa dijawab oleh Benyamin Davnie. Karena pertanyaan ini diajukan oleh pasangan Siti Nur Azizah-Ruhamaben ke pasangan Muhamad-Rahayu Saraswati.

(bri/mso)