Cabup Daniel Positif Corona, KPU Indramayu: Debat Kandidat Tetap Lanjut

Sudirman Wamad - detikNews
Minggu, 22 Nov 2020 15:46 WIB
Daniel Muttaqien
Foto: Cabup Indramayu Daniel Muttaqien (Baban Gandapurnama/detikcom).
Indramayu -

KPU Kabupaten Indramayu memastikan agenda debat kandidat empat pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati (wabup) tetap dilaksanakan. Kendati salah satu cabup yaitu Daniel Mutaqien terkonfirmasi positif COVID-19.

"Debat kandidat tetap lanjut. Kita memang sudah menerima surat dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Indramayu tentang keterangan positif (COVID-19)," kata Kassubag Teknis dan Humas KPU Indramayu Dimas Putra Yudhistira saat dihubungi detikcom, Minggu (22/11/2020).

Dimas mengatakan debat kandidat paslon Bupati Indramayu itu digelar hari ini pukul 19.00 WIB. KPU menerapkan protokol kesehatan (prokes). Agenda debat kandidat itu disiarkan langsung melalui kanal Youtube KPU Indramayu dan salah satu saluran televisi lokal.

Dimas mengatakan KPU akan memfasilitasi cabup yang tengah menjalani isolasi agar tetap mengikuti debat kandidat. KPU akan memanfaatkan teknologi agar Daniel tetap bisa mengikuti debat kandidat.

"Ya kita memakai virtual untuk yang bersangkutan (Daniel). Tetap bisa mengikuti," kata Dimas.

Sebelumnya, Calon Bupati (Cabup) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, nomor urut tiga yaitu Daniel Mutaqien MS Syafiuddin dikabarkan terkonfirmasi positif COVID-19. Daniel saat ini menjalani isolasi di Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Indramayu.

Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Indramayu Deden Bonni Koswara membenarkan adanya informasi tersebut. Deden mengaku akan melacak semua orang yang sempat kontak erat dengan Daniel.

"Benar, (cabup) nomor tiga. Karena transimisi lokal. Kami akan tracing sesuai kriteria kontak erat, sesuai dengan yang ada dalam pedoman," kata Deden melalui pesan singkatnya, Minggu (22/11/2020).

Daniel Mutaqien juga membuat tayangan video tentang kondisi kesehatannya saat ini. Dalam tayangan video satu menit yang diterima detikcom itu, Daniel mengaku telah menjalani isolasi di RSUD Indramayu. Daniel juga meminta pendukungnya tetap semangat.

"Assalamualaikum wa rahmatullahi wabarakatuh, simpatisan, relawan dan kader partai. Malam ini saya terkonfirmasi positif COVID-19. Saat ini juga saya langsung dikarantina di RSUD Indramayu. Rekan-rekan, relawan, simpatisan tetap semangat mengawal kemenangan. Jangan biarkan hal-hal di luar teknis menurunkan semangat dan menjadi kendala. Insyallah saya baik-baik saja menjaga kesehatan dan segera sembuh dari COVID-19," kata Daniel dalam tayangan video yang diterima detikcom dari tim medianya.

Tonton video 'Di KTT G20, Jokowi Dorong Vaksin Corona Bisa Diakses Semua Negara':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)