Cabup Indramayu Daniel Mutaqien Terkonfirmasi Positif COVID-19

Sudirman Wamad - detikNews
Minggu, 22 Nov 2020 10:24 WIB
Daniel adalah putra dari Irianto MS Syafiuddin (Yance), yang merupakan mantan Bupati Indramayu. Ibunya, Anna Sophana, Bupati Indramayu yang kini menjabat.
Foto: Daniel Mutaqien (dpr.go.id).
Indramayu -

Calon Bupati (Cabup) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, nomor urut tiga yaitu Daniel Mutaqien dikabarkan terkonfirmasi positif COVID-19. Daniel saat ini menjalani isolasi di Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Indramayu.

Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Indramayu Deden Bonni Koswara membenarkan adanya informasi tersebut. Deden mengaku akan melacak semua orang yang sempat kontak erat dengan Daniel.

"Benar, (cabup) nomor tiga. Karena transimisi lokal. Kami akan tracing sesuai kriteria kontak erat, sesuai dengan yang ada dalam pedoman," kata Deden melalui pesan singkatnya, Minggu (22/11/2020).

Lebih lanjut, Deden mengatakan kriteria kontak erat adalah orang yang berada dalam jarak 1,8 meter dari orang yang terkonfirmasi positif, selama 15 menit hingga dalam durasi 24 jam. Terhitung mulai dari dua hari pasien mengeluhkan gejala hingga diisolasi. Deden tak menampik kesulitan melacak sejumlah orang yang kontak erat dengan Daniel.

"Kesulitan tracing, karena kami harus mencari pergerakan yang lebih mobile. Dan, harus memilah sesuai definisi kontak erat tersebut," kata Deden.

Sementara itu, Pradesta Bagus selaku tim media dan publikasi Cabup-Cawabup Indramayu nomor urut tiga itu mengatakan Daniel terkonfirmasi positif COVID-19 tanpa gejala. Daniel dinyatakan positif berdasarkan hasil swab tiga haru lalu. Selama ini, Bagus mengaku Daniel rutin menjalani swab.

"Kriteria OTG. Beliau rutin swab selama dua minggu sekali, selama kampanye dan insyallah tidak akan menularkan pada masyarakat. Kampanye juga tetap menerapkan prokes, warga yang hadir wajib pakai masker. Mari kita doakan agar cabup nomor tiga kembali sehat dan bisa menyapa masyarakat," kata Bagus kepada detikcom melalui pesan singkatnya.

Daniel Mutaqien juga membuat tayangan video tentang kondisi kesehatannya saat ini. Dalam tayangan video satu menit yang diterima detikcom itu, Daniel mengaku telah menjalani isolasi di RSUD Indramayu. Daniel juga meminta pendukungnya tetap semangat.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, simpatisan, relawan dan kader partai. Malam ini saya terkonfirmasi positif COVID-19. Saat ini juga saya langsung dikarantina di RSUD Indramayu. Rekan-rekan, relawan, simpatisan tetap semangat mengawal kemenangan. Jangan biarkan hal-hal di luar teknis menurunkan semangat dan menjadi kendala. Insyallah saya baik-baik saja menjaga kesehatan dan segera sembuh dari COVID-19," kata Daniel dalam tayangan video yang diterima detikcom dari tim medianya.

Simak juga video 'Jokowi Dorong Vaksin Corona Bisa Diakses Semua Negara':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)