UMKM di Jabar Dapat Kucuran Dana Perbankan Rp 5,72 Miliar

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 21 Nov 2020 07:54 WIB
UMKM di Jabar Dapat Kucuran Dana Perbankan Rp 5,72 Miliar
Bank Indonesia Jawa Barat (BI Jabar) bersama OJK Regional 2 Jawa Barat dan Perbankan Jawa Barat melakukan langkah-langkah pelaksanaan strategi penguatan akses pembiayaan, guna menyokong pengembangan UMKM di Jawa Barat. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi motor penggerak pemulihan ekonomi nasional yang gontai terpukul COVID-19. Oleh karena itu, pemulihan UMKM menjadi prioritas penanganan ekonomi di masa pandemi.

Berangkat dari sana, Bank Indonesia Jawa Barat (BI Jabar) bersama OJK Regional 2 Jawa Barat dan Perbankan Jawa Barat melakukan langkah-langkah pelaksanaan strategi penguatan akses pembiayaan, guna menyokong pengembangan UMKM di Jawa Barat melalui Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 Seri 3.

"Dalam KKI 2020 Seri 3, UMKM difasilitasi business matching dan akses pembiayaan UMKM kepada industri perbankan," ujar Kepala BI Perwakilan Jawa Barat Herawanto di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Jumat (20/11).

Dalam KKI 2020 Seri 3, penandatanganan akad pembiayaan senilai Rp 5,72 miliar kepada beberapa UMKM di Jabar diberikan Bank Mandiri, BRI, BCA, BNI, BJB dan Bank Syariah Mandiri. Penandatanganan akad pembiayaan dilakukan oleh pimpinan dari masing-masing bank dan disaksikan oleh Kepala BI Jawa Barat Herawanto, Kepala OJK Regional 2 - Jawa Barat Indarto Budiwitono dan Kepala Dinas UMKM Kusmana Hartadji, berikut Ketua Bidang Daya Saing Dekranasa Jabar Benny Bachtiar.

Tercatat penerima bantuan adalah pelaku UMKM di sektor perdagangan, manufaktur, kuliner dan hortikultura. UMKM yang terpilih diseleksi dari sisi potensi dan keinginan untuk mengembangkan bisnis lebih

"Di masa pandemi ini, industri perbankan memiliki peran penting dalam upaya pemulihan ekonomi nasional, khususnya dalam penyaluran kredit kepada pelaku usaha di sektor yang mampu menyerap tenaga kerja dan memiliki kontribusi besar dalam mendorong laju ekonomi, termasuk UMKM," katanya.

Di sisi lain, sebagai bentuk Dedikasi Untuk Negeri dan sejalan dengan program pengembangan kapasitas ekonomi pelaku UMKM, BI Jawa Barat juga memiliki Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yang dilakukan secara sistematis dan terencana melalui aktivitas pemberdayaan masyarakat dan kepedulian sosial. Salah satu program utama pengembangan UMKM yang dilakukan Bank Indonesia adalah On-boarding UMKM yang dilakukan secara terintegrasi (end-to-end).

Pada program ini, pola pembinaan kepada UMKM dari hulu ke hilir disesuaikan dengan karakteristik dan tahapan usaha pada aspek kelembagaan dan SDM, keuangan, produksi, serta pemasaran.

Pada rangkaian showcasing KKI Seri 3, BI Jawa Barat melaksanakan pemberian bantuan sarana dan prasarana produksi dalam rangka PSBI kepada Klaster dan UMKM binaan Bank Indonesia yait: Gabungan Kelompok Tani Lembang Agri, Kelompok Tani Tricipta, Kelompok Tani Wanoja, Kelompok Tani Kiwari, Gabungan Kelompok Tani Mujagi, Kelompok Tani Cibulao Hejo, Sentra Peternakan Rakyat Cinagarabogo, Kelompok Ternak At-Tawakal, Kelompok Tani Bagendit, Kelompok Digdaya Agro Nusantara, Bumdes Kertayasa, dan Kelompok Tani Wisata Selasari.

(yum/bbn)