Puluhan Rumah Rusak Disapu Puting Beliung di Bandung Barat

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 23:25 WIB
Rumah Rusak Disapu Puting Beliung di Bandung Barat
Atap rumah warga rusak disapu puting beliung di Bandung Barat. (Foto: dok.BPBD Bandung Barat)
Bandung Barat -

Puting beliung menerjang permukiman warga empat RT di RW 6, Kampung Citalio, Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Peristiwa tersebut berlangsung Jumat (20/11/2020), pukul 16.30 WIB. Akibat kejadian ini enam rumah warga mengalami rusak berat, 20 rumah serta satu masjid mengalami rusak ringan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Duddy Prabowo mengatakan angin puting beliung yang menerjang warga terjadi secara tiba-tiba. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Kejadiannya tiba-tiba dan tidak disangka warga. Tidak ada korban jiwa, hanya menyebabkan kerusakan material bangunan saja," kata Duddy.

Kebanyakan rumah warga yang diterjang puting beliung ini mengalami kerusakan pada bagian atap. "Rata-rata hanya bagian atapnya saja yang mengalami kerusakan. Secara keseluruhan bangunan masih berdiri kokoh," ujar Duddy.

Mengingat kondisi rumah tidak aman untuk ditinggali, warga yang terdampak bencana tersebut mengungsi sementara ke rumah kerabat terdekatnya. Sebagian lagi, terutama pria dewasa, membersihkan puing-puing bangunan sisa terjangan angin tersebut.

"Warga dan relawan secara bergotong-royong membersihkan puing-puing atap rumah yang tersapu puting beliung. Kami mengimbau kepada warga selalu waspada ketika kondisi cuaca hujan karena angin kencang dapat sewaktu-waktu terjadi," ucap Duddy.

(bbn/bbn)