Banjir Rendam 5 Rumah dan Sawah Warga Cilograng Banten

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 19:47 WIB
Banjir rendam rumah dan sawah di Lebak Banten
Banjir rendam rumah dan sawah di Lebak Banten (Foto: Istimewa)
Lebak -

Hujan yang terjadi sejak sekitar pukul 14.00 WIB, Jumat (20/11/2020) membuat lima rumah warga dan area pesawahan di kampung Bantar Kalapa RT 01 RW 01 Desa Cibareno Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Usman, Ketua RT setempat mengatakan air berasal dari sungai kecil dekat perkampungan meluap. Gelontoran air lalu masuk ke perkampungan dan merendam rumah warga.

"Kejadian sekitar pukul 16.00 WIB, saat itu hujan deras sejak siang. Ada 5 rumah terendam berikut sawah ada sekitar setengah hektar. Warga tidak sampai mengungsi mereka bertahan, kami minta untuk tetap waspada," kata Usman.

Menurut Usman, ini adalah kejadian ketiga. Setiap hujan turun, air pasti meluap dari sungai-sungai kecil. "Hanya ini yang paling besar, harapan saya sungai ditembok diperbaiki sawah pinggirannya. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa pada kejadian ini, hanya rumah dan sawah," ungkap Usman.

Sukarsih (57) warga setempat mengaku saat banjir datang ia sedang tidak berada di rumah. Ia baru mengetahui air merendam rumahnya saat pulang.

"Saya ke rumah anak, sekitar pukul 14.00 WIB, mulai pras pris (rintik) hujan turun. Saya bergegas pulang, sampai rumah tikar kasur sampai lemari sudah mengapung. Tinggi air nyaris sampai sepaha," terang Sukarsih.

Selain barang dari kamar, speaker tape miliknya juga mengambang begitu juga dengan peralatan salat dan Alquran. Terendam, speaker, quran rusak. "Tadinya mau dibersihkan tapi kondisi masih hujan. Biasanya air langsung terbuang di sungai kecil dekat sawah tapi debit air masih tinggi," lirihnya.

Menurut Sukarsih baru kali ini air merendam rumah, hal itu terjadi setelah ada tembokan di sungai kecil dekat sawah. "Waswas ya waswas, tapi mau bagaimana lagi, semua barang saya naikin ke atas semua. Nunggu benar-benar surut baru mau bersih-bersih, banyak lumpur," pungkasnya.

(sya/mud)