Gedung Perpustakaan SD di Sukabumi Ambruk

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 19:43 WIB
Gedung Pepustakaan SD Sukabumi Ambruk
Gedung perpustakaan SD di Sukabumi ambruk. (Foto: istimewa)
Sukabumi -

Gedung perpustakaan milik SDN Neglasari tiba-tiba ambruk. Sewaktu kejadian tersebut bangunan kosong dan tidak ada kegiatan belajar mengajar di ruangan tersebut.

Peristiwa itu berlangsung di Kampung Tegalbuleud, RT 26 RW 4, Desa Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, Kamis (19/11), sekitar pukul 10.15 WIB. "Tidak ada korban jiwa dalam ambruknya bangunan perpustakaan itu. Lantaran, saat kejadian kondisi bangunan sedang dalam keadaan kosong. Iya, tidak ada siswa maupun tenaga pendidik di ruang perpustakaan itu," kata Camat Lengkong Agung Budiman, Jumat (20/11/2020).

Akibat robohnya bangunan itu kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. "Pihak sekolah ditaksir mengalami kerugian material akibat ambruknya gedung perpustakaan itu mencapai Rp 150 juta," ujar Agung.

Ditanya soal penyebab ambruknya gedung itu, Agung menyebut masih dalam pemeriksaan. Namun diduga, bangunan tersebut kondisinya sudah lapuk.

"Jadi, bangunan perpustakaan itu tiba-tiba ambruk tanpa diguyur hujan deras maupun angin lebat. Gedung perpustakaan itu dibangun pada 2017," ucap Agung.

Setelah mengetahui kejadian ini, pihaknya langsung menginstruksikan anggotanya untuk meninjau ke lokasi kejadian bersama Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kecamatan Lengkong. Mereka membersihkan material reruntuhan bangunan tersebut.

"Mudah-mudahan, pada 2021 nanti bangunan perpustakaan yang ambruk itu, kembali dibangun. Sehingga proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) siswa di sekolah itu, dapat berjalan sebagaimana mestinya," ujar Agung.

(sya/bbn)