7 Titik Longsor di Cianjur, Akses Lumpuh-Mobil Diduga Terseret

Ismet Selamet - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 18:05 WIB
Longsor di Cianjur
Longsor di Cianjur (Foto: istimewa)
Cianjur -

Longsor terjadi di tujuh titik di perbatasan Kecamatan Pagelaran dan Sukanagara Cianjur, Jawa Barat, Jumat (20/11/2020) sore. Akibatnya, akses jalan lumpuh dan satu mobil diduga terseret longsor

Pengamat Ruas Jalan Sukanagara-Sindangbarang UPTD Dinas PU Binamarga Provinsi Jabar Bubun Bunyamin mengatakan longsor terjadi pada pukul 16.00 WIB. Sebelumnya, hujan deras mengguyur kawasan rawan longsor tersebut selama beberapa jam.

Menurutnya ada 7 titik longsor di sepanjang Jalan Raya Sukanagara-Pagelaran, namun paling parah terjadi di kawasan Cadas Hideung, Kecamatan Pagelaran. "Terparah di Cadas Hideung. Material longsor menutup seluruh akses jalan," kata Bubun via sambungan telepon.

Petugas dari UPTD Bina Marga Provinsi dan alat berat sedang diturunkan ke lokasi untuk melakukan normalisasi jalan. "Alat berat sedang di perjalanan, kalau petugas sudah ada yang di lokasi sekaligus mendata apakah ada titik lainnya atau tidak," ucap Bubun.

Kapolsek Pagelaran AKP Tedi mengatakan longsor membuat akses dari Cianjur menuju Sindangbarang dan sebaliknya lumpuh total. Bahkan, lanjut dia, informasinya ada mobil yang terseret longsor. Namun dia belum bisa memastikan apakah ada korban meninggal atau tidak.

"Untuk jalan tertutup total, kendaraan tidak bisa melintas. Kami juga dapat informasi ada mobil yang terseret, sedang dicek apakah ada korban jiwa atau sebatas luka," kata Tedi.

(bbn/bbn)