Aktivis Minta Isu Lingkungan Dibahas Saat Debat Pilkada Karawang

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 17:31 WIB
Aksi Aktivis Lingkungan di Karawang
Pertunjukan parodi wayang politik di depan Pemda Karawang. (Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom)
Karawang -

Debat terbuka calon bupati dan wakil bupati Karawang 2020 tinggal menghitung hari. Rencananya, debat digelar pada Rabu 25 November 2020. Organisasi Forum Komunikasi Daerah Aliran Sungai Citarum (Forkadas C+) berharap KPU mengisi debat dengan komitmen para calon mengatasi masalah lingkungan hidup.

Sekretaris Forkadas C+, Yuda Febrian mengatakan tema lingkungan hidup penting dibahas karena kerusakan lingkungan hidup di Karawang terus terjadi. Pihaknya, kata Yuda sedang menyusun draf kerusakan lingkungan yang perlu menjadi perhatian semua pihak termasuk calon pemimpin Karawang nanti.

"Kami akan berikan catatan kepada seluruh calon dan forkopimda juga KPU. Siapa tahu para calon perlu kisi-kisi. Kami harap komitmen terhadap penyelamatan lingkungan jadi bahasan dalam debat pilkada nanti," kata Yuda Febrian saat ditemui detikcom, Jumat (20/11/2020).

"Kami berharap para calon membeberkan gagasan yang jelas terhadap isu lingkungan. Tak hanya di tataran permukaan, juga menyentuh masalah mendasar persoalan lingkungan hidup dan sumber daya alam di Karawang," Yuda menambahkan.

Menurut Yuda, selama kampanye ini, para calon belum membeberkan strategi dan gagasan mereka terhadap isu perbaikan dan pelestarian lingkungan. "Saat dibaca, semua baru dalam tataran formalitas. Kami belum melihat gagasan yang detail dan jelas dari para calon tentang isu perbaikan dan pencegahan kerusakan lingkungan," ujar Yuda.

Selanjutnya
Halaman
1 2