Mayat Hanyut di Sungai Citanduy Ciamis Akhirnya Ditemukan

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 13:01 WIB
Mayat yang hanyut di Sungai Citanduy Ciamis ditemukan
Mayat yang hanyut di Sungai Citanduy Ciamis ditemukan (Foto: Istimewa)
Ciamis -

Sosok mayat ditemukan di Desa Pasirbatang, Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (20/11/2020) siang. Diduga kuat mayat tersebut adalah yang sebelumnya ditemukan oleh warga Pawindan Kabupaten Ciamis. Namun saat akan dievakuasi mayat tersebut hanyut terbawa arus sungai.

Sebelumnya, BPBD Ciamis bersama Tim SAR gabungan langsung melakukan pencarian selama 2 hari. Bahkan pencarian hingga wilayah Banjar dan Bendungan Manganti Lakbok.

"Alhamdulillah mayat sudah ditemukan. Mayat itu ditemukan oleh pemancing asal Manonjaya. Kemudian dievakuasi ke wilayah Manonjaya," ujar Koordinator Pusdalops BPBD Ciamis Yayan Herdiana saat dihubungi detikcom.

Yayan menyebut untuk identitas mayat tersebut masih dilakukan identifikasi. Ada informasi mayat tersebut adalah seorang pria asal Kawali, Ciamis, yang hilang beberapa waktu lalu.

"Untuk identitasnya masih diidentifikasi, ditangani di wilayah Manonjaya Tasikmalaya," ungkapnya.
Sebelumnya, Warga Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, geger dengan penemuan mayat di Sungai Citanduy pada Selasa (17/11/2020).

Namun karena kondisi hujan, mayat tersebut hanyut terbawa aliran sungai yang deras. BPBD Ciamis bersama tim SAR gabungan kemudian melakukan pencarian.

Kepala Dusun Rancautama Ikin Sodikin menjelaskan pihaknya mendapat laporan dari warga yang sedang menjala ikan menemukan sosok mayat yang terangkut di batu. Namun posisinya diseberang berbatasan dengan Manonjaya, Tasikmalaya.

"Jadi warga yang sedang mancing menjala ikan melihat mayat pada hari Senin. Kemudian melaporkannya kepada kami, karena kondisinya hujan jadi kami baru ke lokasi Selasa pagi harinya, ternyata sudah tidak ada. Kemungkinan terbawa hanyut karena kondisi air deras," ujar Ikin.

Saat dihubungi, Ikin mengatakan saat ini pihak keluarga yang anggota keluarganya hilang sedang memastikan mayat tersebut. Pria yang hilang tersebut bernama Komar, warga Kawali. Ia memiliki keluarga di Pawindan. Kemudian dikabarkan hilang setelah naik ojek dan turun di Jembatan Cirahong.

"Menurut informasi warga tersebut di Nagrak naik ojek ke Jembatan Cirahong. Katanya mau ke Manonjaya ke rumah saudaranya, itu pada hari Sabtu. Tapi setelah itu tidak ada lagi kabar dan tak kunjung pulang," ucapnya.

(mud/mud)