Badan Geologi Teliti Sumber Air Panas di Nanggewer Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 10:52 WIB
Badan Geologi teliti sumber air panas di Nanggewer Ciamis
Badan Geologi teliti sumber air panas di Nanggewer Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah)
Ciamis -

Keberadaan sumber air panas Nanggewer di Desa Jelat, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, diketahui sejak lama namun letaknya tersembunyi. Beberapa hari lalu sumber air panas tersebut diteliti oleh Badan Geologi dari Bandung.

Camat Baregbeg Eddy Yulianto membenarkan adanya penelitian tersebut dibantu dan didampingi Pemerintah Desa Jelat. Peneliti itu berjumlah 2 orang itu melakukan penelitian sehari dengan mengambil sampel air dan mengukur suhu air tersebut.

"Mereka dari Badan Geologi Bandung, datang karena melihat di media sosial ada sumber air panas di Desa Jelat, Nanggewer," ujar Eddy saat ditemui detikcom, Jumat (20/11/2020).

Eddy menyebut, berdasarkan penjelasan dari para peneliti itu tujuannya untuk mengetahui kandungan sumber air panas itu, mencari sumbernya dari mana dan kepentingan penelitian lainnya.

Dari hasil sementara penelitian itu, suhu air tersebut lebih dari 37 derajat Celcius, termasuk air hangat tidak terlalu panas. Debit airnya pun belum terlalu besar.

Terkait dengan potensi untuk dijadikan sebagai destinasi wisata, perlu penelitian lebih dalam terutama mencari sumber air panas tersebut. Sekarang ini pemanfaatan sumber air itu digunakan oleh pesantren sekitar.

"Kami juga akan mengkaji lebih dalam lagi, terkait lokasi sumber air panas Nanggewer ini untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Termasuk dengan sarana dan prasarana pendukungnya," ungkap Eddy.

Eddy menyebut, tak menutup kemungkinan lokasi tersebut dijadikan sebagai destinasi wisata. Informasinya, berada pada lahan pemerintah desa, sehingga bisa menjadi sebuah sumber pemasukan bagi desa bila dikembangkan lebih baik lagi.

Detikcom sempat melihat langsung sumber mata air panas yang tersembunyi itu. Diketahui, di Ciamis tidak ada gunung berapi.

Di sekitar lokasi sumber air panas ini dipenuhi dengan hijaunya pepohonan. Terdapat Sungai Ciharus yang airnya mengalir cukup jernih. Banyak batu-batu berukuran besar yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi pemotretan atau swafoto.

(mud/mud)