Kadinkes Pangandaran Positif COVID-19, Sempat Berkunjung ke Jakarta

Faizal Amiruddin - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 11:18 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom).
Pangandaran -

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Yani Ahmad Marzuki terkonfirmasi positif COVID-19. Dia memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta.

"Iya benar. Sekarang sudah dirawat di RSUD Pandega Pangandaran," kata penjabat sementara Bupati Pangandaran Dani Ramdan, Jumat (20/11/2020).

Dani menjelaskan sebelum diketahui terpapar virus Corona, Yani sempat melakukan perjalanan ke luar kota untuk berkunjung ke keluarganya. "Hari Jumat lalu beliau sempat ke Jakarta untuk menengok cucunya. Hari minggu sudah kembali ke Pangandaran," kata Dani.

Sepulang dari Jakarta Yani kemudian mengalami gejala mirip influenza. Kemudian dilakukan tes swab dan ternyata hasilnya positif Corona.

Dani mengatakan setelah itu kemudian dilakukan penelusuran kontak erat. "Keluarga beliau sudah di tes swab, hasilnya negatif," kata Dani.

Dani mengatakan kejadian ini hendaknya menjadikan seluruh masyarakat waspada, bahwa virus Corona bisa menjangkit siapa saja. "COVID-19 tidak pandang bulu, siapapun bisa tertulari," kata Dani.

Sekretaris Daerah Pemkab Pangandaran Kusdiana mengatakan pihaknya telah melakukan tes swab terhadap 34 orang kontak erat dalam kasus positif Corona Kepala Dinas Kesehatan. Dua orang diantaranya adalah anggota keluarga. "Hasilnya semua negatif," kata Kusdiana.

Dia juga mengatakan untuk sementara tugas sebagai juru bicara penanganan COVID-19 di Pangandaran diambil oleh Direktur RSUD Pandega Asep Kemal Pasha.

(mso/mso)