Terkena Percikan Las, Gudang Kasur dan Tembaga di Cimahi Terbakar

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 14:43 WIB
Gudang kasur dan tembaga di Cimahi terbakar
Gudang kasur dan tembaga di Cimahi terbakar (Foto: Istimewa)
Cimahi -

Kebakaran melanda sebuah gudang kasur dan gudang tembaga di kawasan pabrik Jarsindo, Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, pada Kamis (19/11/2020).

Gudang kasur tersebut merupakan milik PT Surya Perdana sementara gudang tembaga milik CV Laptekindo dan Karya Mandiri yang akhirnya terbakar hingga 85 persen.

Komandan Regu 1 Pemadam Kebakaran Kota Cimahi Indrahadi, mengatakan kebakaran tersebut diduga berasal dari percikan alat las kemudian merembet ke material pembuatan kasur yang mudah terbakar.

"Menurut saksi mata ada karyawan dari perusahaan Laptekindo dan Karya Mandiri
sedang melakukan pengelasan tapi percikan las mengenai bahan yang mudah terbakar yaitu busa untuk kasur," ungkap Indrahadi.

Api dengan cepat terus membesar hingga membakar hampir semua bagian gudang dan material yang ada di dalamnya. Pegawai pabrik sempat mencoba memadamkan api namun gagal.

"Sebagian karyawan melakukan upaya pemadaman awal menggunakan APAR, namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil dan api makin membesar," katanya.

Untuk memadamkan api, pihaknya menerjunkan lima unit pancar dan satu unit rescue. Api baru berhasil dijinakkan sekitar pukul 12.50 WIB.

"Untuk kendalanya karena api membakar material yang mudah terbakar, jadi api terus membesar. Kerugian bangunan sampai Rp 800 juta dan material yang terbakar sampai Rp 2 miliar. Untuk korban jiwa nihil," tandasnya.

Lihat juga video 'Si Jago Merah Membara di Makassar, Satu Unit Rumah Ludes':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)