Pohon Tumbang Tewaskan 2 Pemotor, Ini Kata Pemkot Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Minggu, 15 Nov 2020 15:48 WIB
Pohon tumbang tewaskan pemotor di Bandung
Pohon tumbang tewaskan pemotor di Bandung (Foto: Istimewa)
Bandung -

Sebuah pohon tumbang menimpa pengendara motor hingga tewas. Pemerintah Kota Bandung akan meningkatkan pemeliharaan terhadap pohon-pohon di Bandung.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan Kota Bandung, Dadang Dharmawan mengatakan pemeliharaan secara berkala kerap dilakukan petugas di lapangan. Pemeliharaan dilakukan dengan cara pemangkasan. Dengan insiden tersebut, pihaknya akan lebih meningkatkan pemeliharaan.

"Ke depannya kita akan lebih intens lagi pemeliharaan pohonnya," ucap Dadang dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Minggu (15/11/2020).

Pohon yang tumbang diketahui jenis ganitri itu terjadi di Jalan Tamansari, Kota Bandung. Menurut Dadang, area lokasi kejadian sudah sering dilakukan pemeliharaan. Pihaknya bahkan telah memangkas pohon karena memang sudah terlalu tinggi beberapa waktu lalu.

"Batang luarnya masih bagus, tapi di dalamnya setengahnya sudah keropos. Pemangkasan pohon di Tamansari sebenarnya sudah sebulan lalu selesai. Namun karena ada keadian ini, kita akan lihat lagi pemeliharaan di daerah itu," kata dia.

Pihak Pemkot Bandung sendiri sudah mendatangi rumah duka dari kedua korban. Pemkot menyampaikan duka atas kejadian tersebut.

"Kami datang menyampaikan ucapan duka cita dari Pak Wali Kota dan juga minta izin kalau keluarga berkenan karena musibahnya tertimpa pohon tumbang untuk menguruskan santunan," katanya.

Sebelumnya, pohon tumbang menimpa pengendara di Bandung. Dua orang dikabarkan meninggal dunia atas kejadian tersebut.

Insiden pohon tumbang itu terjadi pada Sabtu (14/11/2020) malam sekitar pukul 21.37 WIB. Pohon tersebut tumbang hingga menimpa pengendara motor yang melintas di Jalan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.

"Dua orang Meninggal Dunia, menurut pernyataan kepolisian," ujar Kasi Rescue Dinas Kebakaran Kota Bandung Yogi Mamesa saat dihubungi, Minggu (15/11/2020).

Yogi menuturkan berdasarkan keterangan saksi di lokasi, kondisi cuaca saat itu cerah. Bahkan tidak ada angin dan hujan. Namun pohon jenis petai Cina itu tiba-tiba tumbang dan menimpa pengendara.

"Tidak ada angin dan hujan tiba-tiba sekitar pukul 21.00 WIB pohon tumbang dan langsung menimpa pengendara roda dua yang tengah melintas yang di tumpangi oleh dua orang. Diduga penyebabnya pohon keropos," tuturnya.

Tonton juga 'Sejumlah Pohon di Jakarta Tumbang Diterjang Hujan Angin':

[Gambas:Video 20detik]

(dir/mud)