Ini Dugaan Pemicu Kebakaran Puluhan Bangkai Bus Transjakarta di Bogor

M. Sholihin - detikNews
Jumat, 13 Nov 2020 17:02 WIB
Kebakaran terjadi di lokasi penampungan bangkai bus Trans Jakarta di Desa Dramaga, Bogor. Puluhan bangkai bus nampak hangus terbakar.
Kebakaran terjadi di lokasi penampungan bangkai bus Transjakarta di Desa Dramaga, Bogor. Puluhan bangkai bus nampak hangus terbakar. (Foto: M Sholihin/detikcom)
Bogor -

Api melalap puluhan bangkai bus Transjakarta di lokasi penampungan, kawasan Dramaga, Kabupaten Bogor. Apa pemicu sumber api?

Kebakaran itu diduga akibat percikan dari mesin potong yang menyambar bagian bus yang mudah terbakar. "Dugaan awal kebakaran terjadi akibat adanya percikan api dari mesin las potong dan menyambar ke bagian bus, kemudian terbakar," kata Komandan Regu Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor Sholeh saat ditemui detikcom di tempat kejadian, Jumat (13/11/2020).

Banyaknya bahan-bahan di lokasi yang mudah terbakar, membuat api mudah membesar dan menjalar ke unit bus lainnya yang ada di lokasi. Kobaran api menghanguskan bangkai bus Transjakarta.

Sempat terdengar beberapa kali suara ledakan saat api membakar bus. Belum dipastikan apakah ledakan tersebut berasal dari tabung gas yang jadi bahan bakar bus Transjakarta atau dari tabung gas yang digunakan sebagai bahan bakar las.

Sholeh menyebut kebakaran terjadi sekitar pukul 13.30 WIB tadi. "Total sementara ini ada 11 unit damkar yang diterjunkan. Dari Kota dan Kabupaten Bogor," katanya.

"Kalau jumlah bus yang terbakar saya belum tahu, nanti informasinya dari pengelola tempat ini," Sholeh menambahkan.

Lihat juga video 'Bus TransJakarta Keluarkan Percikan Api di Depan PN Jaksel':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2