Lampu Kuning! Okupansi Ruang Isolasi RS di Bandung Meningkat

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 11 Nov 2020 15:57 WIB
Poster
Ilustrasi penanganan pasien Corona. (ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Okupansi ruang isolasi COVID-19 di rumah sakit yang ada di Kota Bandung mengalami peningkatan. Informasi dihimpun dari laman Pusat Informasi COVID-19 (Pusicov) Kota Bandung jumlah kasus positif kumulatif mencapai 2.262 atau mengalami peningkatan 27 kasus dari sehari sebelumnya. Datanya terdiri positif aktif 252 mengalami peningkatan 22 kasus, sembuh 1.909 bertambah tiga orang, meninggal 95 orang bertambah dua orang.

"Jumlah orang dirawat sekarang ini cukup meningkat, sehingga kapasitas tempat tidur yang dari idealnya tidak boleh lebih dari 60 persen, sekarang kita sudah masuk di angka 75 persen," kata Sekda Kota Bandung Ema Sumarna di Balai Kota Bandung, Rabu (11/11/2020).

"Ini sudah masuk lampu kuning," ucap dia menambahkan.

Ema mengungkapkan pihaknya harus mencari tempat selain rumah sakit untuk isolasi COVID-19. "Caranya bagaimana? Pemkot harus mencari (tempat isolasi), nanti melalui kebijakan pak wali kota harus mencari fasilitas yang eksisting di luar dari rumah sakit. Bisa saja seperti di Jakarta, ada hotel-hotel yang dijadikan seperti rumah sakit, sekarang harus siap seperti itu," tutur Ema.

"Kita punya rumah sakit, tapi itu sudah mulai cukup banyak (pasien). Kalau over kapasitas, belum. Tapi sekarang sudah masuk dalam maksimal digunakan," katanya lagi.

Selanjutnya
Halaman
1 2