34 Orang Luka Akibat Bus Nyungsep ke Jurang, Polisi: Remnya Blong

Deden Rahadian - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 14:13 WIB
Rem Blong, Bus Nyungsep ke Jurang Tasikmalaya
Bus nyungsep ke jurang di Tasikmalaya. (Foto: Deden Rahadian/detikcom)
Tasikmalaya -

Polisi menyelidiki kecelakaan bus yang nyungsep ke jurang di Jalan Raya Pamijahan, Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (10/11/2020). Polisi menduga kecelakaan tunggal ini akibat bus mengalami rem blong saat melintasi jalan yang menurun dan menikung.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara dan keterangan sopir, kecelakaan akibat rem blong," kata Kasat Lantas Polres Tasikmalaya Iptu Engkos Kosasih.

Akibat kecelakaan tunggal ini 34 orang luka. Tercatat 10 di antaranya patah tulang. "Semua sudah ditangani medis. Sisanya selamat dan sudah pulang," ujar Engkos.

Sopir mengaku sempat banting kemudi ke bagian tebing kanan, namun bus bernomor polisi D-7669-AL tetap melaju. Mencegah tabrakan dengan minibus di depanya, bus banting setir ke kiri jalan hingga masuk jurang usai menabrak pembatas besi.

"Ada minibus dari depan dan saya menghindari tabrakan, kemudi bus dibanting ke kiri jalan hingga masuk jurang," kata Febry Susanto, sopir bus.

Bus ini membawa rombongan peziarah dari Majelis Taklim Attohirin asal Dusun Sukahurip, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Rombongan ini semula akan melanjutkan perjalanan menuju Pantai Cipatujah

(bbn/bbn)