Sepi Pembeli Gegara Corona, Pedagang Tinggalkan Pasar Baru Bandung

Wisma Putra - detikNews
Senin, 09 Nov 2020 16:18 WIB
Pedagang Tinggalkan Pasar Baru
Pedagang memilih tutup berjualan di mal Pasar Baru Bandung gegara sepi pembeli. Bahkan sejumlah pedagang menjual tokonya. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Ribuan pedagang di Pasar Baru Trade Center Kota Bandung diklaim Himpunan Pedagang Pasar Baru Bandung (HP2B) tak mampu lagi berjualan akibat pandemi COVID-19. Dampaknya, kios-kios milik pedagang dikontrakkan, bahkan dijual. Ada juga yang dijadikan sebagai gudang atau tempat penyimpanan barang.

Sepinya pembeli ke Pasar Baru Bandung diungkapkan sejumlah pedagang. "Sepi kaya gini dari PSBB pertama sudah parah, pas bulan puasa kita sudah tutup. Padahal itu puncak kami untuk pedagang dan masa emas bagi kami. Saat COVID-19 ini, kita tutup semua, otomatis tidak ada pemasukan sama sekali," kata Elva Siska di Pasar Baru, Senin (9/11/2020).

Sebelum ada COVID-19, Uni Eva, sapaan dia, pengelola Pasar Baru yang dilakukan PD Pasar tak menunjukkan langkah yang baik dan tidak ada inovasi yang dilakukan. "Sebelum itu pun, setelah dikelola oleh PD Pasar, kita merasakan ada penurunan, apalagi ditambah pandemi COVID-19 ini," katanya.

Ia berujar sudah berusaha melakukan jualan online. Namun tak kunjung ada peningkatan, malah terus merugi.

"PSBB pertama, tambah kedua, tambah parah lagi, orang pada tahu Pasar Baru tutup. Kita tidak ada pemasukan walaupun kita berusaha online dan berjualan di pinggir jalan. Tapi itu tidak mencukupi untuk kita sendiri," ujarnya.