Perjuangan Akbar Pemulung yang Viral Ngaji di Trotoar Cari Ibunya

Hakim Ghani - detikNews
Jumat, 06 Nov 2020 09:45 WIB
Akbar (16) pemulung yang fotonya viral sedang mengaji.
Foto: Akbar pemulung yang viral ngaji di trotoar (Hakim Ghani/detikcom)
Garut -

Sosok Muhammad Gifari Akbar (16) viral setelah aksi mulianya mengaji di trotoar jalan terabadikan dan diunggah ke media sosial. Akbar ternyata tengah berupaya mencari ibunya.

Akbar menjadi perbincangan warganet belakangan ini setelah fotonya saat membaca Al-Quran di trotoar jalan viral. Banyak warganet yang dibuat terenyuh dengan aksi bocah asal Garut ini.

Menurut Akbar, kejadian tersebut berlangsung di sekitaran Jalan Braga, Kota Bandung. Akbar tak ingat jelas kapan tepatnya peristiwa tersebut diabadikan.

Akbar hanya ingat, saat itu dia tengah mencari rongsokan. Hujan tiba-tiba mengguyur kawasan tersebut. Akbar kemudian memilih untuk berteduh.

"Lagi mulung tapi hujan. Terus ngiuhan (berteduh), daripada bengong ya saya ngaji. Itu kewajiban," kata Akbar, Jumat 6/11/2020).

Akbar diketahui merupakan warga Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut. Di rumah sederhananya di Kampung Sodong, dia tinggal bersama ayah, nenek dan kakeknya.

Akbar ditinggal sang ibu, Siti, saat usia delapan bulan setelah bercerai dengan ayahnya Unan. Dari dulu, Akbar berupaya mencari keberadaan sang ibu. "Dari dulu saya cari. Tapi enggak tahu dimana," katanya.

Akbar mengaku sangat merindukan sang ibu. Sebab, dia tidak pernah bisa mengingat seperti apa wajah ibunya. Bahkan, sekedar foto pun dia tak punya.

Saat ini Akbar mengaku lelah mencarinya. "Dulu mah saya cari. Kalau sekarang mah ya saingetnya aja. Kalau dia ingat sama saya pasti ke sini," ujar Akbar.

Nenek Akbar, Uti (71) mengatakan, Siti pergi meninggalkan rumah pada tahun 2005 silam. Saat itu, Siti pamit untuk bekerja menjadi TKW di Arab.

"Tapi dugi ayeuna teu aya we. Duka ka mana (Sampai sekarang menghilang. Entah ke mana)," kata Uti.

(mso/mso)