Round-Up

Kisah Akbar Pemulung yang Viral Ngaji di Trotoar-Ditawari Masuk Pesantren

Hakim Ghani - detikNews
Jumat, 06 Nov 2020 07:40 WIB
Akbar (16) pemulung yang fotonya viral sedang mengaji.
Foto: Akbar (16) pemulung yang viral sedang mengaji di trotoar jalan (Hakim Ghani/detikcom).
Garut -

Foto seorang pemulung tengah membaca Al-Quran di trotoar jalan sedang jadi perbincangan belakangan ini. Peristiwa dalam foto tersebut diketahui terjadi di sekitar Jalan Braga, Kota Bandung.

Dalam foto tersebut, terlihat seorang anak laki-laki tengah duduk jongkok di trotoar jalanan. Kakinya tampak tertutup karung. Dua tangannya menggenggam Kitab Suci Al-Quran.

Foto itu viral dan menjadi perbincangan setelah sejumlah warganet mengunggahnya di media sosial.

"Dia mungkin saja tidak terkenal di dunia, tapi boleh jadi penduduk langit amat merindukannya. Siapa pun nama anak ini, dia telah mengajarkan betapa pentingnya waktu untuk langit," ucap salah seorang pengguna Instagram dalam postingan-nya.

Belakangan diketahui, pemulung cilik yang ada di foto tersebut diketahui bernama Muhammad Gifari Akbar alias Akbar (16). Dia merupakan remaja asal Garut.

Ditemui detikcom di rumahnya, Kampung Sodong, Kelurahan Muara Sanding, Kecamatan Garut Kota, Kamis (5/11), Akbar menceritakan hal tersebut.

Akbar mengaku tidak mengingat jelas kapan foto saat dirinya tersebut diambil. Namun, kata Akbar, saat itu dia sedang memulung rongsokan di sekitar Jalan Braga, Kota Bandung belum lama ini.

"Lagi mulung tapi hujan. Terus ngiuhan (berteduh), daripada bengong ya saya ngaji itu kewajiban. Saya nggak tahu itu difoto. Tapi mungkin yang fotonya tukang parkir di sana," kata Akbar.

Akbar mengaku telah berada di Bandung beberapa bulan terakhir untuk mencari rongsokan. Untuk tiba di Bandung, dia mengaku jalan kaki dari Garut selama tiga hari.

Setelah viral di media sosial, Akbar kemudian ditemukan oleh sejumlah dermawan pada Selasa (3/11) lalu di sekitar Lembang, Bandung. Dia kemudian diantar pulang.

Aksi mulia Akbar membaca Al-Quran mengundang perhatian banyak kalangan. Akbar kini banjir tawaran untuk masuk pesantren.

Akbar mengaku, saat ini ada beberapa pesantren yang menawarinya untuk bergabung. Salah satunya, adalah pesantren milik Ustaz Yusuf Mansyur.

"Ada yang datang kemarin dari Jakarta. Dari pak Ustaz Yusuf Mansyur," ujarnya.

(mso/mso)