Usai Bunuh Bunda Maya, Karyo Sempat Pulang ke Rumah-Ngobrol dengan Warga

M. Solihin - detikNews
Jumat, 06 Nov 2020 08:33 WIB
Tampang Pembunuh Bunda Maya
Foto: Karyo pembunuh Bunda Maya guru ngaji di Bogor (istimewa).
Bogor -

K alias Karyo (39), tega membunuh Athiqotul Masha alias Bunda Maya. Usai menghabisi nyawa wanita yang juga guru ngaji tersebut, Karyo sempat pulang ke rumahnya di Ciriung, Cibinong, Bogor.

Kepada warga, Karyo mengungkapkan kesedihannya atas kematian Bunda Maya. Tidak hanya itu, dia juga mengaku kepada warga memiliki utang kepada korban dan belum dibayar.

"Jadi sebenarnya pelaku ini sempat pulang ke rumahnya, itu Hari Rabu (4/11/2020), sehari setelah korban ditemuin," kata Ketua RT 05 Kelurahan Ciriung, Rican kepada detikcom, Jumat (6/11/2020).

Rican mengaku sempat berbincang dengan pelaku, hari itu. Kepada Rican, Karyo mengungkap kesedihannya atas kematian Bunda Maya.

"Saya sempat ngobrol, saya kan ke rumahnya. Tampangnya biasa saja, tenang, dia ngaku kalau dia punya utang Rp 1 juta ke almarhumah (Bunda Maya), tapi belum bisa bayar," ucap Rican.

"Dia juga ngaku sedih karena almarhumah meninggal tapi belum sempat bayar utang," tambahnya.

Menurut Rican, Karyo pulang setelah istrinya menghubunginya melalui telepon. "Dia pulang setelah istrinya nelpon, nelponnya pakai telepon tetangga. Dikabarin tuh kalau almarhumah meninggal, ya terus dia pulang hari Rabu itu, pagi-pagi," ucap Rican.

Warga sekitar, kata Rican, sebenarnya sudah menaruh kecurigaan terhadap Karyo. Karena Karyo menghilang bersamaan dengan hilangnya Bunda Maya pada Minggu (1/11/2020).

Malam itu, lanjut Rican, Karyo menelepon istrinya yang sedang menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di masjid dan pamit pergi ke luar kota karena urusan kerja.

"Jadi pas malam Senin itu dia (Karyo) kan nggak ikut ke masjid. Dia nelpon istrinya sekitar jam 10 malam, pamit mau ke Jawa, mau anterin orang, dia kan kerjanya sopir," ucap Rican.

"Warga juga sudah curiga di situ. Dia pergi pas almarhum hilang. Almarhum kan mulai hilang malam itu," imbuhnya.

Kepulangan Karyo ini kemudian diketahui oleh pihak kepolisian. Karyo diamankan ketika belanja di sebuah warung di kawasan Ciriung, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor pada Rabu (4/11/2020). Karyo kemudian ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kematian Bunda Maya setelah menjalani pemeriksaan di Polsek Cibinong.

Kepada polisi, Karyo mengaku nekad menghabisi nyawa Bunda Maya karena sakit hati ditagih utang dan rahasia utangnya diketahui sang istri.

Karyo kini masih mendekam dalam tahanan kepolisian. Karyo yang disebut sudah berniat menghabisi nyawa Bunda Maya sejak lama, dijerat dengan pasal berlapis.

"Pelaku sudah kita tangkap, pelaku kita kenakan pasal 338, 340, 365, pasal 351 ayat 2, ancaman hukumannya bisa penjara seumur hidup," sebut Kapolsek Cibinong, AKP I Kadek Vemil.

Simak video 'Bunda Maya Guru Ngaji Ditemukan Tewas di Dalam Sumur':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)