Cerita Akbar Pemulung Viral Ngaji di Trotoar 3 Hari Jalan Garut-Bandung

Hakim Ghani - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 13:56 WIB
Akbar (16) pemulung yang fotonya viral sedang mengaji.
Foto: Akbar (16), pemulung yang fotonya viral sedang mengaji (Hakim Ghani/detikcom).
Garut - Foto seorang pemulung sedang mengaji di trotoar viral di medsos. Pemulung itu bernama Muhammad Gifari Akbar (16). Sebelum fotonya mengaji viral, Akbar ternyata jalan kaki Garut-Bandung tiga hari.

Ditemui detikcom di rumahnya, Kampung Sodong, Kelurahan Muara Sanding, Kecamatan Garut Kota, Kamis (5/11/2020), Akbar menceritakan hal tersebut.

Akbar mengaku tidak mengingat jelas kapan foto saat dirinya tersebut diambil. Namun, kata Akbar, saat itu dia sedang memulung rongsokan di sekitar Jalan Braga, Kota Bandung.

"Lagi mulung tapi hujan. Terus ngiuhan (berteduh), daripada bengong ya saya ngaji itu kewajiban," kata Akbar.

Akbar mengatakan, jauh sebelum aksi mulianya mengaji itu terabadikan, dia sudah lama berada di sekitaran Kota Bandung. Dia berangkat sekitar dua bulan sebelum momen tersebut.

Yang mengejutkan, dia bertolak ke Bandung dari Garut dengan berjalan kaki dan hanya bermodal karung bekas.

"Jalan kaki sudah biasa. Kalau ke Bandung mah deket. Paling tiga hari nyampe," katanya.

Selama dalam perantauan, Akbar mengaku tidur di mana saja. Paling sering, dia tidur di masjid dan musala sepanjang perjalanan.

Cerita tersebut dibenarkan Uti (71), nenek Akbar. "Si ujang teh kabur, teu apal rek ka Bandung. Aya dua bulanna. Pas bade berangkat nyuhunkeun karung nu ageung (Akbar kabur, tidak tau mau ke Bandung. Ada sekitar dua bulan. Pas mau berangkat, dia minta karung yang besar)," kata Uti. (mso/mso)