Naik TMB dan Bandros di Bandung Bisa Bayar Pakai Aplikasi

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 16:27 WIB
Naik TMB dan Bandros di Bandung bayarnya via apliksi
Naik TMB dan Bandros di Bandung bayarnya via apliksi (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Di masa pandemi COVID-19, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, akan mengalihkan seluruh transaksi tunai menjadi non tunai. Seperti TMB dan Bandros.

Transaksi non tunai ini dilakukan demi mengurangi interaksi antara petugas dan konsumen. Salah satunya untuk para pengguna Trans Metro Bandung (TMB) dan Bandung Tour On Bus (Bandros).

Kini jika kita ingin naik TMB atau Bandros, kita bisa menggunakan aplikasi seperti OVO dan lainnya. Untuk membayar tiket, kita tinggal menscan barcode yang disediakan oleh petugas yang ada di TMB dan Bandros.

detikcom, mencoba langsung transaksi non tunai saat menaiki TMB. Kita hanya tinggal menyediakan saldo di aplikasi dan menscan barcode dan tidak usah lagi membawa uang tunai.

Saat aplikasi discan ke barcode yang disediakan maka akan keluar bukti transaksi pembayaran tiket, jika kita telah membayar tiket TMB tersebut.

"Bisa non tunai, Bandros, TMB, semuanya akan mengikuti, baik di terminal, mau pun parkir dan lainnya," kata Kadishub Kota Bandung Ricky Gustiadi di Kantor Dishub Kota Bandung, Gedebage, Kamis (5/11/2020).

Ricky menambahkan, nantinya transaksi tunai akan dihapus dan digantikan menjadi transaksi non tunai.

"Nanti pelayanan tunai bakal tidak ada, semuanya pindah ke non tunai, semuanya sesuai arahan Bank Indonesia yang mendukung transaksi non tunai," ujarnya.

Tak hanya dalam bertransaksi saat menaiki TMB atau Bandros. Kita juga bisa melakukan transaksi non tunai saat menguji kendaraan kita atau Buku Lulus Uji Elektronik (Blu-E).

"Artinya bisa langsung online, secara cepat dan mudah, juga bisa diterima para konsumen," pungkasnya.

Meski sudah ada sarana untuk melakukan transaksi non tunai, transaksi tunai masih ada dan Dishub Kota Bandung akan terus lakukan sosialisasi agar warga bisa melakukan transaksi non tunai tersebut.

(wip/mud)