Round-Up

Badru Nginap 2 Hari di Markas Polisi Usai Posting Foto Ibu Hamil Ditandu

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 08:51 WIB
Ibu Hamil di Lebak Ditandu
Foto: Pria di Lebak, Banten sempat diamankan polisi gegara unggahannya di medsos (tangkapan layar Facebook).
Lebak -

Badrudin alias Badru, pria asal Lebak, Banten, harus menginap selama dua hari di markas polisi. Gara-garanya, ia mem-posting foto seorang ibu hamil ditandu warga yang berjalan beberapa kilometer karena jalan rusak. Ia dibawa kepala desa ke kantor polisi lantaran dinilai mencemarkan nama baik.

Hal ini bermula dari seorang ibu hamil yang ditandu sejauh tiga kilometer di Desa Barunai, Kecamatan Cihara, Lebak, sewaktu akan melahirkan, Selasa (27/10). Video tersebut menyebar di media sosial di Lebak dan jadi perbincangan.

Badru kemudian posting video dan foto proses evakuasi ibu hamil itu di Facebook (FB) miliknya pada akun Badry Aliansyah. Ia menuliskan bahwa selama 75 tahun merdeka tapi belum merasakan akses infrastruktur yang layak. Akibat jalan yang buruk, seorang ibu bahkan harus ditandu pakai bambu dan dibungkus sarung.

"75 tahun merdeka kapan merasakan indahnya jalan. Yang mau melahirkan pun digotong menggunakan bambu dan sarung. Helo pemerintah setempat apa kabar. Kampung Bitung, Desa Barunai, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten. Mana sumpah untuk mengayomi rakyat," tulis Badru dalam statusnya sebagaimana dikutip detikcom, Kamis (5/11/2020).

Unggahan itu ternyata membuat berang pihak pemerintah desa. Pada Senin (2/11), ia kemudian dibawa ke balai desa dengan kawalan RT dan langsung dibawa ke Polsek Panggarangan. Berdasarkan keterangan pihak keluarga, kepala desa tidak terima atas video yang viral tersebut, bahkan dinilai mencemarkan nama baik.

"Alasannya ngamankan, sedangkan Polsek ngakui itu aspirasi masyarakat, jaro (kepala desa) kekeuh katanya pencemaran nama baik," kata Rinaldi, selaku kakak ipar Badru kepada detikcom.

Lihat juga video 'Desanya Tak Bisa Diakses Mobil, Kakek Tola Ditandu ke Puskesmas':

[Gambas:Video 20detik]



Versi polisi bantah tahan Badru...

Selanjutnya
Halaman
1 2 3