ADVERTISEMENT

Genjot PAD, Pemkot Bandung Ajak Pengusaha Wisata Patuhi Prokes

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 13:35 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi Corona. (ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung mengajak para pengusaha dan jasa pariwisata di Kota Bandung mematuhi terhadap protokol kesehatan (prokes) berkaitan pandemi Corona atau COVID-19. Hal ini bertujuan menggenjot pendapat asli daerah (PAD) di bidang pariwisata serta demi memberikan keamanan dan kenyamanan wisatawan yang datang ke Kota Bandung.

Kepala Bidang Pembinaan Jasa Pariwisata Disbudpar Kota Bandung Edo Edward Parlindungan mengatakan pihaknya terus memantau prokes di tempat wisata dan tempat hiburan malam. "Pertama kita harus memberikan rasa aman kepada para wisatawan, bahwa berwisata khususnya di Kota Bandung itu aman," kata Edo di Balai Kota Bandung, Rabu (4/11/2020).

Upaya itu dilakukan sebagai, strategi Pemkot Bandung untuk genjot perekonomian dari sektor pariwisata dan hiburan di Kota Bandung. "Kita terus bekerja sama dengan asosiasi dan pengusaha jasa pariwisata agar terus melakukan SOP protokol kesehatan. Sehingga wisatawan tidak takut datang ke Bandung," tuturnya.

Menurut Edo, hasil monitoring ditemukan sejumlah pengunjung yang sengaja meminta bukti rekomendasi operasional dari tim Gugus Tugas saat mengunjungi hotel, rumah makan atau restoran. Hal itu dilakukan tak lain untuk memastikan keamanan tempat memenuhi sesuai standarisasi kesehatan.

"Setelah rasa percaya mereka tinggi mereka akan cerita pada teman atau saudaranya. Sehingga bisa mengundang banyak wisatawan datang ke Kota Bandung. Itu juga untuk membangun citra usaha dan menjamin keselamatan para pekerja, disamping menjaga keselamatan tamu yang datang ke tempat mereka," ujar Edo.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT