Kasus Korupsi RTH

2 Eks DPRD Bandung Ajukan Banding Usai Divonis 6-5 Tahun Bui

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 10:48 WIB
Poster
Ilustrasi kasus korupsi (ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Dua mantan anggota DPRD Bandung yang divonis melakukan kasus korupsi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Bandung mengajukan banding. Keduanya sebelumnya divonis hukuman enam dan lima tahun penjara.

Kedua mantan anggota DPRD Bandung itu yakni Tomtom Daabul Qamar dan Kadar Slamet. Tomtom divonis enam tahun penjara sedangkan Kadar lima tahun bui. Keduanya disebut hakim terbukti bersalah melakukan korupsi RTH.

"Iya keduanya (Tomtom dan Kadar) sudah mengajukan banding terkait vonis majelis kemarin," ujar Panitera Muda Tipikor PN Bandung Yuniar kepada wartawan, Rabu (4/11/2020).

Selain kedua terdakwa, kata Yuniar, banding juga diajukan oleh tim jaksa KPK. Pengajuan banding dilakukan langsung ke Pengadilan Tinggi Jabar.

"Kalau jaksa KPK sudah duluan (Banding) setelah vonis dibacakan," kata Yuniar.

Sementara itu, Rizki Rizgantara kuasa hukum Kadar Slamet membenarkan kliennya mengajukan banding. Ada beberapa faktor yang membuat kliennya mengajukan banding salah satunya soal hukuman membayar uang pengganti (UP).

"Alasannya mah itu kan dari mulai kenaikan UP. Kan UP terus naik di dakwaan Rp 4,8 miliar, di tuntutan Rp 5,8 miliar selisih dikit lah ada beberapa yang terlewat. Di putusan jadi Rp 9 miliar," ucap Rizki saat dikonfirmasi.