Pemotor Terluka Usai Tertimpa Pohon Tumbang di Jalan Tasikmalaya-Garut

Deden Rahadian - detikNews
Minggu, 01 Nov 2020 17:45 WIB
Petugas tengah mengevakuasi pohon tumbang yang menghalangi jalan
Petugas tengah mengevakuasi pohon tumbang yang menghalangi jalan (Foto: Istimewa)
Tasikmalaya -

Sebuah pohon Kayu Putih berusia puluhan tahun tumbang menimpa Jalan Raya Tasikmalaya-Garut, tepatnya di Desa Salebu, Mangunreja, Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (01/11/2020). Pohon setinggi 20 meter dengan diameter satu meter menimpa pengendara motor.

Korban bernama Agung warga Tarogong, Garut, Jawa Barat dilarikan ke rumah Sakit Umum Daerah SMC Tasikmalaya dalam keadaan terluka.

"Ada pemotor yang melintas sempat tertimpa. Korban satu dibawa Ke RSUD SMC. Satu Lagi selamat", Ucap Dedi Relawan BPBD Mangunreja.

Selain akibat angin kencang, pohon roboh diduga akibat sudah lapuk termakan usia. Beruntung, tidak satupun pengendara maupun warga melintas di Lokasi.

"Akibat angin kencang dan kondisi pohon yg sudah menua pohon tumbang di Jalan Raya Tasikmalaya- Garut," Ucap Jembar Adi Setia, Ketua Forum Komunikasi Tagana Kabupaten Tasikmalaya, di lokasi.

Akibatnya, arus kendaraan dari Tasikmalaya menuju Garut dan sebaliknya sempat tersendat. Laju kendaraan sempat terhenti menunggu proses evakuasi.

Tim Tagana, Basarnas, BPBD, TNI dan Kepolisian Resort Tasikmalaya turun ke lokasi. Petugas gabungan berupaya memotong badan pohon dengan gergaji mesin.

"Setelah mendapatkan laporan dari masyarakat, Tim Gabungan langsung menerjunkan beberapa anggota dengan perlengkapan lengkap seperti gergaji mesin dan lainnya.Setelah berjibaku dengan waktu dibantu masyarakat sekitar, pohon yang melintang di badan jalan akhirnya bisa dievakuasi dengan dipotong berukuran kecil untuk memudahkan pengangkutan dan pembersihan,"Tambah Jembar.

"Alhamdulilah, kita tadi evaluasi sekitar satu jam lebih pohon yang melintang dan lalu lintas kembali normal. " Kata Jembar.

Jembar mengimbau agar pengendara yang hendak balik ke Kota Besar lebih waspada melintasi jalanan yang pinggirnya ditumbuhi pohon besar. Antisipasi, Pohon Seruba Roboh, petugas berencana memotong satu pohon tua lainnya.

"Kami akan potong satu pohon tua lagi. Khawatir roboh dan nenimpa pengendara jalan," pungkas Jembar.

(mud/mud)