Hari Ketiga Libur Cuti Bersama, Kawasan Ciwidey Diserbu Wisatawan

Muhammad Iqbal - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 15:54 WIB
Kawah Putih Ciwidey diserbut wisatawan saat libur cuti bersama Oktober 2020.
Foto: Kawah Putih Ciwidey diserbut wisatawan saat libur cuti bersama Oktober 2020 (Muhammad Iqbal/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Memasuki libur cuti bersama hari ketiga, sejumlah tempat wisata di Bandung Selatan atau Ciwidey mulai diserbu wisatawan. Banyak dari mereka yang memilih wisata alam meskipun dalam kondisi masuk musim penghujan.

Seperti pantauan detikcom, Jumat (30/10/2020) 13.30 WIB di Wana Wisata (WW) Kawah Putih. Antrean kendaraan yang akan memasuki Kawah Putih sudah terlihat memanjang. Banyak dari kendaraan tersebut berasal dari luar Kota Bandung.

Sesampainya di puncak kawah, terlihat jajaran kendaraan roda empat yang terparkir. Tampak pula lalu-lalang para penjaja foto, pedagang dan wisatawan yang bergumul di sana.

Duty Manager WW Kawah Putih Ari Kurniawan, dalam tiga hari ini kunjungan ke Kawah Putih mulai meningkat.

"Iya mungkin karena sekarang momennya libur panjang, meskipun masih week day, tapi tiga hari ini Alhamdulilah pengunjung ke Kawah putih meningkat hampir 80 persen," ujar Ari saat ditemui di lokasi.

Ari mengatakan peningkatan itu terlihat mulai hari kemarin. Jumlah pengunjung mencapai batas kapasitas yang sudah ditetapkan, yakni 50 persen dari total kapasitas.

"Tiga hari ini, hari pertama masih tidak begitu banyak, ada sekitar 1.600 - an. Kemarin yang membludak itu pas sekitar 3.500 pengunjung. Dan kalau hari ini kemungkinan sama seperti hari awal sekitar 1.600-an," paparnya.

Hal sama pun dikatakan Pengelola Wisata Glamping Likeside Marcelinus. Marcel mengatakan, memasuki hari ketiga kunjungan ke wahana Pinisi Resto meningkat sekitar 10 persen.

Berbeda dengan wisatawan yang menetap di salah satu wahana di Glamping Likeside. Angka pengunjung yang menginap sekitar 80 persen.

"Untuk kunjungan ke Glamping mulai meningkat antara 10 Samapi 15 persen. Tapi untuk yang menginap kita sudah full sampai bulan November nanti," ujar Marcel.

Ia memprediksi, peningkatan akan terjadi besok. Meski begitu, cuaca yang dingin dan musim penghujan menjadikan wisatawan yang mengurungkan niatnya untuk berwisata.

(mso/mso)