Meresahkan, Buaya di Bogor Ditangkap Warga

M Solihin - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 19:14 WIB
Warga Bogor tangkap buaya berukuran 3 meter.
Foto: Warga Bogor tangkap buaya berukuran 3 meter (Istimewa).
Bogor -

Warga Desa Sukasari, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor digegerkan dengan temuan seekor buaya sepanjang 3 meter di sebuah rawa di areal perkebunan kelapa, Kamis (29/10/2020). Sebelum ditangkap, buaya liar itu kerap naik dari rawa dan mengadang warga yang tengah melintas.

"Jadi sebenarnya ini buaya sudah sering muncul. Terakhir itu kemarin malam (Rabu, 29/10/2020), jadi ada warga yang sedang lewat, tiba-tiba ada buaya di tengah jalan. Terus diusir, buayanya lari ke rawa itu," kata Hanafi, warga Rumpin Bogor, Kamis (29/10/2020).

Warga yang khawatir buaya tersebut masuk ke perkampungan dan membahayakan, kemudian bermusyawarah dan bersepakat untuk menangkap buaya tersebut. Setelah sempat menyisir rawa yang dipenuhi semak-semak belukar, buaya tersebut akhirnya ditemukan.

"Nangkapnya pakai cara manual, pas ketemu mata buayanya sama kepalanya itu ditutup pakai kaos. Terus sama warga ditindih bareng-bareng. Terus diikat," kata Hanafi kepada wartawan.

Oleh warga, kemudian buaya yang meresahkan itu dievakuasi dan dilepas liarkan ke sungai Cisadane.

"Ditangkap warga buayanya. Sudah dilepas kembali ke Sungai Cisadane, oleh warga," kata Penyidik Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah 1 Bogor saat dikonfirmasi detikcom.

(mso/mso)