Pasien COVID-19 di Lembang Meninggal, Cirebon Tambah 15 Kasus

Sudirman Wamad, Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 18:03 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom).
Bandung Barat -

Seorang warga Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) meninggal dunia dengan status positif COVID-19 pada Rabu (28/10/2020).

Pria berinisial H (58) asal Desa Lembang, KBB, yang memiliki restoran dan warung bakso di depan Pasar Panorama, Lembang, itu meninggal di Rumah Sakit Borromeus, Kota Bandung. Pria tersebut dimakamkan dengan protokol COVID-19.

"Iya ada satu warga Lembang meninggal dunia terkonfirmasi positif COVID-19," ungkap Kepala Dinas Kesehatan KBB, Hernawan Widjajanto, Kamis (29/10/2020).

Setelah yang bersangkutan dipastikan positif COVID-19, pihaknya langsung melakukan tracing terhadap kontak erat pasien tersebut kemudian dijadwalkan melakukan swab test.

"Kita juga masih mendata kontak erat, tapi ada sebagian yang sudah diswab test. Kontak erat harus isolasi mandiri sampai hasil swab test keluar," katanya.

Untuk meminimalisir penularan, tempat usaha tersebut ditutup sementara melalui surat yang dikeluarkan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Desa Lembang, dengan nomor 035/STPC19.LGB/X/2020.

Sementara itu, Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Cirebon mengumumkan adanya penambahan 15 pasien positif. Tiga di antaranya merupakan nelayan.

Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Cirebon Nanan Abdul Manan mengatakan dari 15 pasien positif COVID-19 anyar itu, delapan di antaranya merupakan perempuan. Pasien anyar ini tersebar di sembilan kecamatan, di antaranya Talun, Gunungjati, Gebang, Kaliwedi, Waled, Gegesik, Gempol, Weru dan Astanajapura.

"Hari ini bertambah 15 pasien, delapan di antaranya menjalani perawatan di rumah sakit. Sisanya menjalani isolasi mandiri," kata Nanan dalam keterangan yang diterima detikcom, Kamis (29/10/2020).

Lebih lanjut, Nanan mengatakan mayoritas pasien anyar ini terkonfirmasi positif COVID-19 karena kontak erat dengan pasien sebelumnya. Dari 15 pasien, tiga di antaranya merupakan nelayan.

"Tiga nelayan dari Kecamatan Gebang, usia 36 tahun, 34 tahun, dan 27 tahun. Untuk nelayan ini hasil dari swab massal," katanya.

Sekadar diketahui, saat ini total pasien positif COVID-19 di Cirebon mencapai 1.167 kasus. Sebanyak 237 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri, 863 pasien sembuh, 67 pasien meninggal.

(mso/mso)