Situs Disnaker Kota Bandung Diretas, Kadis: Sedang Ditangani IT

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 13:57 WIB
Web Disnaker Bandung dihack.
Foto: Situs Disnaker Bandung kena retas (tangkapan layar).
Bandung -

Laman Web Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung berubah jadi berlatar hitam dengan gambar tikus berjas sambil membawa kantung bertuliskan Rp. Usut punya usut web itu menjadi korban hacker.

Kadisnaker Kota Bandung Arief Syafiudin membenarkan jika tersebut diretas oleh hacker. "Iya," katanya via pesan singkat, Kamis (29/10/2020).

Arif menyadari, web Disnaker diretas hacker setelah mendapatkan informasi dari awak media. Menurutnya, web itu masih dalam perbaikan tim IT.

"Sudah ditindaklanjuti oleh tim IT kami dan untuk sementara dimatikan dulu," ujarnya.

Arif menambahkan, data Disnaker yang ada di laman web tersebut masih aman. "Alhamdulillah aman," tambahnya.

Seperti yang dilihat detikcom, Kamis (29/10/2020) pagi, laman web yang memiliki alamat https://disnaker.bandung.go.id/ itu tidak dapat diakses dan muncul gambar tikus berwarna-warni cokelat, mengenakan jas hitam sambil memegang pisau di tangan kanan dan sebungkus uang bertuliskan Rp di tangan kirinya.

"HACKED BY MR.COMBET," tulis judul dalam laman web tersebut.

Diduga, aksi hacker yang dilakukan ini ditujukan kepada pemerintah dan DPR yang telah mengesahkan UU Omnibus Law Cipta Kerja. Pasalnya, dalam keterangan yang terpampang di web ini, berisikan kalimat penolakan untuk undang-undang ini.

"DEAR PARA DPR | DEWAN PENINDAS RAKYAT | YANG DULU MENGEMIS KE RAKYAT UNTUK MENCALONKAN DIRI. KALAU TIDAK SANGGUP MENEMPATI JANJI, JANGANLAH BERJANJI. PADA SAAT DITAGIH JANJI, MALAH PURA-PURA LUPA DIRI. INIKAH YANG DISEBUT WAKIL RAKYAT DINEGERI INI? SE BANGSAT INI KAH PETINGGI DI NEGERI INI? #TolakOmnibusLaw #OPIndonesia #F**kDPR," tulis keterangan yang ditampilkan di laman web tersebut.

Lihat juga video 'Running Text di Gerbang SMK Magelang Diretas Jadi Makian ke DPR':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mso)