Kisah Mahasiswa Sumedang Raup Untung dari Budidaya Ikan Lele

Muhamad Rizal - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 19:17 WIB
Sidik Maulana
Foto: Sidik Maulana (Muhamad Rizal/detikcom).
Sumedang -

Budidaya ikan lele bisa menjadi peluang usaha di tengah pandemi COVID-19. Seperti yang dilakukan Sidik Maulana (20), seorang mahasiswa asal Kabupaten Sumedang yang sukses merintis budidaya ikan lele hingga meraup untung jutaan rupiah.

Dia mengaku mulai menekuni budidaya ikan lele sejak beberapa bulan lalu. Hal itu dia lakukan untuk mengisi kegiatan selama kuliah daring.

Untuk mengembang biakan ikan lele dia memanfaatkan lahan di belakang rumahnya. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan sederhana ia mampu mengahasilkan uang hingga jutaan rupiah.

"Awal saya terjun ke usaha bisnis Lele itu diawali saat masa pendemi COVID-19. Saat itu kondisinya sudah mulai jenuh diam di rumah karena tidak ada kegiatan dan juga tidak ada perkuliahan," tutur Sidik saat ditemui di rumahnya, Rabu (28/10/2020).

Sidik menyebut budidaya ikan lele yang ditekuninya sudah berjalan selama lima bulan. Dia telah satu kali panen.

"Periode pertama itu sudah panen di bulan Agustus akhir dan usaha lele saya ini sudah maju sekitar kurang lebih lima bulan dan saat ini (lele yang dibudidayakan) sedang berjalan sudah ke usia sembilan minggu," kata Sidik.

Sidik mengaku, pengahsilan dari penjualan ikan ikan lele tersebut dirinya dapat meraup keuntungan sebesar Rp 2,5 juta hingga Rp 3,5 tergantung banyaknya ikan. Hasil panen ikan tersebut, ia jual kepada beberapa tengkulak yang ada di sekitaran rumahnya.

"Untuk penjualan, saya punya lobangnya ke tengkulak atau yang biasanya disebut bandar. Untuk omsetnya juga kepada bandar di daerah saya ini kurang lebih 2.000 ekor atau kurang lebih dua kuintal," ucap Sidik.

Sidik berharap usaha lelenya ini dapat terus berkembang dan lebih banyak lagi ikan lele yang dihasilkan untuk di panen. Selain itu rencananya, ia akan memperbanyak kolam lele agar usahanya semakin maju

"Untuk rencana dan harapan ke depan. Saya berkeinginan menambah kolam agar lebih banyak lagi untuk kapasitas lele yang saya tebar (budidayakan)," ucapnya.

Di hari Sumpah Pemuda ini, dia mengajak generasi milenial untuk menjadi seorang entreupreuner. Sebab, menurutnya untuk menjadi seorang pengusaha tidak harus memiliki banyak uang dan juga tidak mengenal batas usia.

"Motivasi untuk pemuda pemudi Indonesia, dari saya pribadi jangan patah semangat di saat pandemi COVID-19 ini. Jangan jadikan kendala bagi kalian untuk merintis usaha, sekecil apapun usaha yang kalian miliki apabila kalian fokus dan juga tekun kepada usaha tersebut," ujarnya.

(mso/mso)