3 Orang Luka Akibat Rumah Ambruk di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 16:08 WIB
Sebuah rumah milik Hafid Mustofa (51) di Dusun Kertaharja, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk, Rabu (28/10/2020) siang. Tiga orang penghuni rumah tertimpa reruntuhan.
Rumah ambruk di Ciamis. (Foto: istimewa)
Ciamis -

Rumah milik warga di Ciamis ambruk. Tiga orang penghuni rumah tertimpa reruntuhan bangunan.

Insiden itu berlangsung di kediaman Hafid Mustofa (51) di Dusun Kertaharja, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (28/10/2020) siang. Penghuni rumah, Hafid berserta istri (42) dan satu anaknya, yang sempat tertimpa itu hanya mengalami luka ringan.

Ketua Taruna Siaga Bencana Ciamis (Tagana) Ade Waluya mengatakan rumah tersebut diduga kondisinya sudah lapuk sehingga ambruk. Sebelumnya, hunian tersebut setiap hari diguyur hujan deras dan sempat retak akibat gempa Pangandaran, beberapa waktu lalu.

Tim Tagana Ciamis langsung ke lokasi dan melakukan penanganan dengan membantu evakuasi korban. "Korban sempat tertimpa reruntuhan rumah ambruk, hanya mengalami luka ringan. Memang rumah sudah lapuk, jadi kami imbau dalam cuaca ekstrem seperti sekarang ini yang rumahnya memang berpotensi ambruk, sebaiknya mengungsi sementara," ujar Ade.

Ade menerangkan berdasarkan keterangan dari korban, saat itu Nani tengah menyapu di teras rumah. Hafid dan anaknya pun berada di depan rumah. Tiba-tiba rumah langsung ambruk hingga menimpa ketiga orangnya.

"Semua penghuninya selamat, hanya luka-luka saja saat ini sudah ditangani," kata Ade.

(bbn/bbn)