Longsor di Lintas Selatan, Wisatawan Diimbau Lewat Jalur Kota Garut

Hakim Ghani - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 18:57 WIB
Lintas Selatan Garut longsor, wisatawan diminta lewat jalur kota
Lintas Selatan Garut longsor, wisatawan diminta lewat jalur kota (Foto: Istimewa)
Garut -

Jalan alternatif penghubung Garut-Tasik tergerus longsor. Petugas mengimbau wisatawan menggunakan jalur perkotaan Garut untuk menuju kawasan pantai selatan.

Longsor terjadi pada Senin (26/10) malam kemarin di jalan raya provinsi lintas selatan tepatnya di Kampung Cimadang, Desa Najatan, Kecamatan Cibalong, Garut.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut Tubagus Sofyan mengatakan, longsor terjadi akibat wilayah tersebut digempur hujan deras.

"Betul longsor di Jalan Garut-Tasik, Cibalong. Jalannya tergerus," ucap Tubagus saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (26/10/2020) sore.

Hingga Selasa sore ini, jalur tersebut masih rusak. Longsor menggerus hampir setengah badan jalan. Tubagus mengatakan, saat ini hanya kendaraan roda dua yang bisa melintas.

"Kendaraan roda dua bisa, tapi roda empat sulit," katanya.

Kasat Lantas Polres Garut AKP Asep Nugraha mengatakan, proses perbaikan jalan yang terdampak longsor itu diprediksi beberapa hari ke depan.

Polisi mengimbau wisatawan yang hendak menuju pantai selatan Garut dari arah Tasik untuk melalui jalur perkotaan Garut.

"Kami mengimbau masyarakat yang hendak menuju wilayah selatan Garut dari arah Tasik untuk melalui jalur Salawu. Perbaikan jalan di lokasi longsor sedang dilaksanakan," ucap Asep saat diwawancarai di Polres Garut, Selasa.

(mud/mud)