Pantau Tol Cipali, Wakapolri Beberkan Skenario Apabila Lalu Lintas Padat

Dian Firmansyah - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 17:28 WIB
Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono pantau tol cipali jelang libur cuti bersama
Foto: Dian Firmansyah
Purwakarta -

Setelah melakukan pantauan jalur dari udara menggunakan helikopter, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono melakukan pengecekan kesiapan petugas menghadapi libur panjang cuti bersama di pos Cikopo, Purwakarta.

Gatot datang bersama sejumlah pejabat dari Mabes Polri dan di sambut oleh Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi, Kapolres Purwakarta AKBP Ali Wardana, dan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.

"Melihat kesiapan Polda Jabar dalam rangka kegiatan liburan long weekend , sasarannya yang pertama kita melihat atau mengantisipasi agar tidak terjadi kemacetan lalin, kemudian yang kedua meminimalisir fatalitas kecelakaan dan yang ketiga kita meminimalisir terjadinya gangguan Kamtibmas," ujar Wakapolri, Senin (27/10/2020).

Gatot menjelaskan hasil pantauan udara di sejumlah jalur mudik, di ha-1 libur, arus lalu lintas masih relatif normal, belum ada peningkatan kendaraan dari arah Jakarta menuju Cirebon atau tujuan lainnya.

Libur panjang di tengah Pandemi virus corona ini menjadi perhatian banyak pihak, TNI, POLRI dan pemerintah mengimbau kepada masyarakat agar liburannya diisi kegiatan di rumah masing-masing.

"Tak kalah penting kami ingin meminimalisasi penyebaran Covid-19. Jangan sampai pelaksanaan libur panjang ini justru memunculkan klaster baru," ujarnya saat konferensi pers di Cikopo.

Gatot mengimbau seluruh warga dalam peringatan maulid Nabi untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Pihak kepolisian juga, kata Gatot, telah melakukan upaya seperti melakukan operasi yustisi juga operasi zebra Lodaya dengan mengedepankan langkah persuasi dan humanis.

"Alangkah lebih baik untuk libur panjang ini warga liburan di rumah saja. Kami menjaga ketat pula semua tempat wisata dan meminta tempat wisata menyiapkan peralatan protokol kesehatan, serta pembatasan jumlah pengunjung," ujarnya seraya khawatir akan ada klaster wisata usai liburan panjang.

Untyk mengantisipasi lonjakan kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Barat dan Jawa Tengah maupun arah sebaliknya ketika arus balik, polisi akan melakukan sejumlah rekayasa arus laly lintas di ruas Jalan Tol Cikampek.

"Rest area akan dilakukan buka tutup, jika masih padat akan dilakukan Contra flow. Selain itu untuk kendaraan sumbu tiga dilarang masuk tol," katanya.

(ern/ern)