Polda Banten Perketat Patroli Protokol Kesehatan Saat Libur Panjang

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 14:11 WIB
Kapolda Banten Irjen Fiandar
Foto: Kapolda Banten Irjen Fiandar (Bahtiar Rifa'i/detikcom).
Serang -

Kapolda Banten Irjen Fiandar mengatakan akan memperketat patroli protokol kesehatan di lokasi wisata saat libur panjang 28 Oktober hingga 1 November. Warga sebetulnya tetap diminta berada di rumah karena masih pandemi COVID-19.

"Agar tetap aman dan sehat, pilihan terbaik masyarakat untuk berada di rumah saja dan selalu menggunakan masker di mana saja," kata Fiandar, Senin (26/10/2020).

Menurut dia arahan ini diberikan langsung oleh Kapolri Jenderal Idham Azis untuk mencegah penyebaran virus saat musim libur. Kepolisian bersama TNI, gugus tugas pemerintah daerah akan aktif mengawasi penerapan protokol kesehatan.

Lokasi yang jadi potensial ramai katanya adalah pantai Anyer di Kabupaten Serang, pantai Carita di Pandeglang, dan wisata air di beberapa wilayah yang ada di Banten. Tapi, patroli juga dilakukan mulai dari stasiun, rest area, pelabuhan dan terminal.

Ia melanjutkan, Polda Banten saat ini juga melaksanakan Operasi Zebra Kalimaya dari 26 Oktober hingga 8 November. Namun, operasi ini akan mengedepankan pencegahan sampai edukasi protokol kesehatan khususnya saat libur.

"Masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan saat libur. Operasi ini menindak pelanggaran yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, tidak menggunakan helm bagi pengguna sepeda motor, melawan arus, menerobos lampu merah, sampai berboncengan tiga orang," ujarnya.

(bri/mso)