4 Daerah Ini Rawan Banjir dan Longsor di Kota Serang

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 13:53 WIB
Ilustrasi banjir bandang (Andhika-detikcom)
(Foto: Ilustrasi banjir bandang (Andhika-detikcom)
Serang -

Empat daerah di Kota Serang jadi wilayah yang rawan bencana menghadapi adanya potensi curah hujan yang tinggi akibat fenomena La Nina. Wali Kota Syafrudin mengatakan bahwa Kecamatan Taktakan salah satu daerah rawan longsor, Serang, Cipocok serta Kasemen jadi rawan banjir.

"Pemetaan sudah tergambar, kita rawan bencana ada di Taktakan itu longsor, Kasemen, Serang, Cipocok dan kecamatan lain biasanya banjir,"kata Syafrudin kepada wartawan di Puspemkot Serang, Kawasan Serang Baru (KSB), Senin (26/10/2020).

Pemkot bersama forum komunikasi pimpinan daerah, ia tegaskan sudah melakukan kesiapsiagaan menghadapi potensi curah hujan tinggi. Lintas sektoral juga ia klaim melakukan antisipasi termasuk peralatan dan personil menghadapi potensi bencana di akhir tahun.

"Setelah diapelkan, persiapan perlengkapan, personal sudah oke, evaluasi tahun kemarin banjir menjadi pelajaran," ujarnya.

Pemkot lanjutnya memberikan arahan antara lain, kerja penanganan bersama potensi bencana ini harus berdasarkan pengabdian masing-masing personel. Fisik mental personel mulai dari BPBD, Satpol PP, TNI dan Polri harus tetap terjaga, termasuk meminta semua pihak bisa bekerja sama dengan baik.

"Kalau terjadi bencana masyarakat panik, kalau tidak siap siaga, kesiapan kurang malah kita akan panik juga,"tegasnya.

(bri/mud)