Sambut Libur Panjang, Pemkot Bandung Siapkan Petugas Awasi Prokes

Siti Fatimah - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 12:26 WIB
Wakil Wali Kota Bandung Yana Muyana
Foto: Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana (Wisma Putra/detikcom).
Bandung -

Pemerintah Kota Bandung menyiapkan petugas untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan (prokes) di lokasi-lokasi wisata. Pasalnya diprediksi jumlah kunjungan wisata ke kota berjuluk Paris van Java ini akan meningkat saat libur panjang 28-30 Oktober nanti.

"Nah memang antisipasi yang paling mungkin kita lakukan adalah kita mengajak semua pelaku usaha, semua tempat di Kota Bandung itu melakukan standar kesehatan yang sangat ketat. Karena kita harus minimal memproteksi diri kita sendiri, kan kita tidak tahu wisatawan datang dari zona merah, zona oranye, kuning, hijau," kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Balai Kota Bandung, Senin (26/10/2020).

Lebih lanjut, Yana mengaku, Pemkot sendiri telah menyiapkan satuan petugas dari Satpol PP, Dinas Perhubungan hingga petugas Linmas di kewilayahan untuk mengawasi protokol kesehatan di tempat wisata.

"Sebetulnya kita sudah menyiapkan teman-teman dari Satpol PP sudah siap, Dishub juga sudah siap, teman-teman kewilayahan juga sudah siap. Tadi kuncinya prokes yang ketat. Prokes wilayah terus kita ingetin kan kita udah punya Perwal bahwa mereka sudah diberi kewenangan untuk memberikan sanksi sosial maupun administratif," ucapnya.

Dia juga mengimbau kepada para pelaku jasa pariwisata untuk tetap mengetatkan protokol kesehatan jika tidak ingin diberikan sanksi sosial ataupun administratif. "Teman-teman yang sudah diberi relaksasi tempat wisata atau tidak mematuhi prokes beri sanksi sosial atau administratif saja, kuncinya itu," ujarnya.

Selain itu, Yana juga mengajak agar wisatawan tidak memaksakan diri untuk liburan jika kondisi tubuh tidak dalam keadaan sehat, menggunakan kendaraan pribadi, dan mematuhi regulasi yang berlaku di tempat wisata.

"Kita juga paling menghimbau ke wisatawan itu kalau kurang sehat jangan berlibur lah. Kalau ingin berlibur baiknya tadi memahami juga prokes, kalau pun mau liburan, dengan satu kendaraan bareng supaya kesehatannya terkontrol masing-masing. Terus tadi mematuhi apa yang jadi regulasi tempat yang dituju," pungkasnya.

(mso/mso)