Diduga Hina NU, Gus Nur Juga Dilaporkan GP Ansor ke Bareskrim

Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 19:51 WIB
gus nur
Gus Nur juga dilaporkan GP Anshor ke Bareskrim (Foto: Istimewa)
Cirebon -

GP Anshor melaporkan Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur ke Bareskrim. Gus Nur dilaporkan karena diduga menghina Nahdlatul Ulama (NU), ketua umum PBNU dan GP Anshor.

Ketua Pimpinan Pusat GP Ansor Mohammad Nuruzzaman membenarkan adanya laporan tersebut. Sebelum GP Ansor melaporkan Gus Nur, Ketua PCNU Kabupaten Cirebon Azis Hakim telah melaporkan Gus Nur. Dengan tuduhan kasus yang sama.

"Kenapa kita agak lambat, karena kita melakukan kajian. Dan, ketika kita laporan ini harus tahu betul pasal-pasal yang bis dikenakan terhadap Sugi Nur, karena bukan gus. Jadi saya sebut Sugi Nur saja," kata Nurruzaman kepada awak media di kantor PCNU Kabupaten Cirebon, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (22/10/2020).

Nuruzzaman mengatakan hari ini LBH Ansor telah melaporkan dugaan kasus penghinaan yang dilakukan Gus Nur terhadap NU, Ketum PBNU dan Anshor.

"Sebenarnya teman-teman LBH Ansor yang bertanggungjawab. Saya hanya menginformasikan hari ini melaporkan. Sugi Nur sudah menghina NU, Ketum PBNU dan juga Ketum kami (GP Anshor)," kata Nurruzaman.

Hasil kajian LBH Ansor, Nurruzaman mengaku menemukan pasal yang bisa menjerat Gus Nur "Kita temukan ada pasal yang bisa menjerat Sugi Nu selama empat tahun. Kita berharap dia tidak mengulangi perbuatannya. Mudah-mudahan secepatnya ditangkap," kata Nurruzaman

"Kita gunakan cara hukum, cara-cara sesuai konstitusi. Bukan melalui persekusi," kata Nurruzaman menambahkan

Sebelumnya, Ketua PCNU Cirebon Azis Hakim melaporkan Gus Nur ke Bareskrim. Gus Nur diduga melanggar Undang-Undang (UU) ITE. NU Cirebon membawa compact disc (CD) sebagai barang bukti. Dalam CD tersebut terdapat pidato dan video terlapor yang isinya diduga menyampaikan ujaran kebencian.

Detik-detik Gus Nur Dijemput Polisi:

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)