Mobil Bermuatan Gas Elpiji Terbakar di SPBU Cianjur, Satu Tabung Meledak

Ismet Selamet - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 19:44 WIB
Mobil hangus terbakar di SPBU Cianjur.
Foto: Mobil bermuatan tabung gas elpiji 3 Kg hangus terbakar di SPBU Cianjur (Istimewa).
Cianjur -

Sebuah mobil bermuatan elpiji 3 kilogram terbakar di halaman SPBU di Jalan Raya Cianjur-Sukabumi Kecamatan Warungkondang Cianjur, Jawa Barat, Kamis (22/10/2020) petang. Satu tabung elpiji meledak saat mobil terbakar.

Informasi yang dihimpun, kebakaran terjadi sekitar pukul 17.45 WIB. Mobil carry tersebut awalnya masuk ke dalam SPBU untuk mengisi bahan bakar.

Beberapa saat setelah mengisi, muncul kobaran api yang diduga dipicu korsleting jaringan listrik dari dalam mobil.

"Saat mengisi bahan bakar aman-aman saja, tapi begitu maju beberapa meter tepatnya di halaman SPBU yang menuju arah luar, mobil tiba-tiba terbakar," ucap Jojo Harjono, pengawas SPBU saat ditemui di lokasi.

"Kejadian bermula saat mobil Carry bermuatan gas LPG dalamnya sedang mengisi bensin. Setelah itu di bagian depan mobil terjadi korsleting listrik hingga mengeluarkan percikan api lalu terjadi ledakan," tambahnya.

Menurutnya sempat terjadi ledakan yang diduga berasal dari tabung elpiji yang berada di dalam mobil.

"Iya tadi ada ledakan juga sekali. Cukup besar, sempat membuat panik, takutnya disusul ledakan lainnya. Karena muatan Elpijinya cukup banyak," tuturnya.

Kapolsek Warungkondang Kompol Surachman mengatakan kobaran api berhasil dipadamkan setelah satu unit mobil pemadam kebakaran diturunkan ke lokasi. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut, namun mobil dan 40 tabung elpiji hangus terbakar.

"Api berhasil dipadamkan setengah jam kemudian. Dengan melibatkan mobil damkar. Sopir dan pegawai SPBU berhasil selamat, tidak ada korban jiwa ataupun luka," kata dia.

Ia mengatakan dari 40 tabung di dalam mobil, hanya satu yang meledak. "Selebihnya terbakar tapi tidak meledak," ucapnya.

Surachman mengatakan kebakaran tersebut diduga diakibatkan korsleting listrik. "Dugaan sementara terjadi korsleting listrik dan mengakibatkan percikan hingga akhirnya muncul api yang membakar habis mobil," ujarnya.

(mso/mso)